Tangan Tremor Akibat Terlalu Sering Bermain Ponsel, Apa Penyebabnya?

Tangan Tremor Akibat Terlalu Sering Bermain Ponsel, Apa Penyebabnya?
Tangan bisa tremor karena bermain gawai terus-menerus. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Di zaman modern seperti ini, manusia cenderung nggak bisa lepas dari ponsel. Pernahkah tanganmu secara tiba-tiba gemetar atau tremor saat sedang bermain ponsel? Apa benar karena ponsel?

Inibaru.id - Saat ini, ponsel sudah menjadi kebutuhan utama bagi siapapun. Beragam fitur menarik yang disediakan oleh ponsel membuat orang cenderung lupa waktu. Namun, pernahkah kamu mengalami tremor lantaran terlalu banyak menggunakan ponsel?

Dokter spesialis bedah saraf dari Kortex Indonesia dr Gigih Pramono SpBS mengatakan, penggunaan ponsel yang terlalu lama memang dapat menyebabkan tremor pada tangan, lo. Munculnya tremor disebabkan karena salah satu faktor luar di otak.

‚ÄúTremor itu penyebabnya macam-macam; dibedakan menjadi dua, yakni yang terjadi di dalam otak dan di luar otak," terang dr Gigih. "Untuk di luar otak, misalnya, tangan yang dipakai bekerja terus-menerus bisa menimbulkan tremor."

Tremor pada jari bisa terjadi karena memakai gawai terus-menerus. (Popsugar)
Tremor pada jari bisa terjadi karena memakai gawai terus-menerus. (Popsugar)

Sementara, lanjutnya, jika tremor yang muncul disebabkan dari dalam otak, bisa jadi itu karena mengalami degeneratif fungsi otak, semisal alzheimer. Alzheimer dapat menyebabkan kurangnya kemampuan koordinasi sehingga menimbulkan tremor. 

Jika tremor dikaitkan dengan penggunaan ponsel, ada beberapa dugaan menurut Gigih. Pertama, ini terjadi karena kelelahan jari. Kelelahan bisa muncul karena tangan bekerja terus-menerus sampai menyebabkan tremor. 

Bisa Dipengaruhi Bagian Dalam Otak

Selain kelelahan jari, radiasi yang dipancarkan ponsel juga diduga bertanggung jawab atas tremor yang terjadi pada tangan. Bisa jadi, jemari yang bergetar dipengaruhi oleh bagian dalam otak.

Menurut Gigih, cara mencegah agar tangan nggak tremor adalah dengan memperhatikan posisi tangan saat menggunakan gawai.

Jempol bisa menjadi bagian paling sering yang mengalami tremor. (Losethebackpain)
Jempol bisa menjadi bagian paling sering yang mengalami tremor. (Losethebackpain)

Saat memegang gawai, usahakan jangan berada dalam posisi menunduk terlalu lama ya, Millens! Struktur tulang belakang menjadi berubah bentuk saat kamu melakukan hal tersebut. Ini bakal bikin kamu pusing karena ada tarikan otot atau rasa berat di leher, bahu, dan tulang belikat.

Nah, kalau kamu sudah memperhatikan posisimu saat bermain gawai tapi tanganmu tetap tremor, sebaiknya kamu segera konsultasi ke dokter ya! Yap, biar kamu bisa tahu penyebab tremor di tanganmu itu. (Kom/IB24/E03)