Penting, 5 Alasan Harus Mengenali Sifat Burukmu

Penting, 5 Alasan Harus Mengenali Sifat Burukmu
Keburukan diri sendiri. (Thinkstockphotos.com)

Sebelum kamu dikoreksi orang lain mending kamu koreksi diri sendiri dulu deh. 

Inibaru.id – Nggak ada manusia yang sempurna. Setiap orang pasti memiliki kekurangan masing-masing, namun mereka juga memiliki kelebihan. Meski demikian masih banyak orang yang suka membicarakan keburukan orang lain, padahal sendirinya memiliki kekurangan. Hm, begitulah sifat manusia, gajah di pelupuk mata nggak terlihat malah semut di ujung sana terlihat jelas.

Nah, biar kamu juga tahu kekuranganmu maka kamu juga perlu berinstropeksi diri sebelum ikut menghujat kekurangan orang lain. Berikut adalah alasan perlunya kamu mengetahui kekurangan dari diri kamu sendiri :

Introspeksi Diri

Introspeksi diri itu penting. (Veeroes.com)
Introspeksi diri itu penting. (Veeroes.com)

Anjuran untuk introspeksi diri ini tentu sering banget kamu dengar. Tapi sudah kamu terapkan belum? Mungkin setelah mengetahui kekurangan-kekurangan dari diri kamu sendiri nanti kamu bakal minder atau jadi pemalu. Nah, sebenarnya tujuan dari introspeksi diri ini adalah untuk mengubah sifat buruk dari diri kamu sendiri. Yuk, coba cari tahu sifat buruk diri sendiri!

Sebelum Sakit Hati Sama Mulut Orang

Omongan orang kadang ada benarnya. (Shutterstock.com)
Omongan orang kadang ada benarnya. (Shutterstock.com)

Nggak banyak orang mau dikritik, meskipun kritikan itu benar. Inilah yang sering kali terjadi pada diri sendiri. Sering melakukan penyangkalan terhadap kekurangan diri sendiri menyebabkan seseorang sakit hati pada omongan orang. Kamu nggak perlu marah, karena bisa jadi orang yang berbicara itu memiliki niat baik.

No Problem Setelah Tahu Kekuranganmu

Nggak masalah kok dibicarain. (Shutterstock.com)
Nggak masalah kok dibicarain. (Shutterstock.com)

Lain halnya jika kamu sudah mengetahui kekurangan dari diri kamu sendiri, tentu kamu bakal lebih ringan menghadapi omongan orang. Kamu bakal lebih bisa menerima dan tersenyum ringan tanpa sakit hati. Selanjutnya kamu bisa mengobrol dengan orang tersebut untuk meminta solusi atas kekurangan kamu. Karena nggak semua orang bisa menghilangkan sifat buruknya sendiri.

Lebih Menghargai dan Nggak Mudah Menghakimi Orang Lain

Indahnya saling pengertian. (Sayyidaty.net)
Indahnya saling pengertian. (Sayyidaty.net)

Setelah kamu sadar dengan kekuranganmu tentu kamu akan lebih fokus memperbaiki diri dan nggak mudah menghakimi orang lain. Sehingga nggak mudah buat kamu untuk menyudutkan orang lain karena kamu sendiri pun memiliki kekurangan.

Lebih Toleran Karena Diri Sendiri Memiliki Kekurangan

Dengan menyadari kekurangan diri sendiri kamu bakal lebih toleran sehingga mudah memaafkan kesalahan orang lain. Selain itu kamu juga bakal lebih bijak dalam mengekspresikan emosimu sendiri.

Setiap orang pasti memiliki naluri untuk menjadi sempurna. Sehingga sangat nggak nyaman ketika kita harus mengetahui kekurangan diri sendiri. Namun dengan beberapa alasan tersbut kamu harus lebih bisa mengenal dirimu sendiri agar kamu pun nggak mudah sakit hati dan selalu bahagia. (IB30/E05)