Lobi-Lobi, Kecil-Kecil Banyak Khasiat

Lobi-lobi yang kecut ini ternyata mengandung banyak khasiat. Diare, disentri, dan kencing darah pun bisa diobati dengan buah ini.

Lobi-Lobi, Kecil-Kecil Banyak Khasiat
Buah lobi-lobi (santhiserad.com)

Inibaru.id – Buah lobi-lobi (Flacourita Inermis) merupakan jenis buah yang pohonnya hanya hidup di daerah tropis dan semakin langka. Padahal buah ini mudah ditanam karena dapat tumbuh pada jenis tanah apa pun. Ukuran buahnya kecil dengan kulit licin berwarna merah tua bagi yang sudah matang dan hijau untuk yang masih muda.

Rasa buah lobi-lobi cenderung asam. Untuk yang sudah matang bisa terasa sangat manis. Kandungan airnya hanya sedikit namun dipenuhi biji. Buah ini mengandung tarakseron, tarakserol, terpenoid eufosterol, asam lanolat, palmitat oleat, quersitrin, flavonoid, polifenol, dan tannin. Selain itu, buah lobi-lobi juga mengandung beberapa vitamin dan mineral.

Lalu seperti apa manfaat dan khasiat lobi-lobi untuk kesehatan tubuh? Laman khasiat.co.id menerakan khasiat buah unik ini.

1. Mengatasi radang tenggorokan

Khasiat lobi-lobi yang pertama yaitu sebagai obat untuk mengatasi radang tenggorokan. Buah ini memiliki jenis kandungan senyawa yang bisa menyembuhkan peradangan, termasuk peradangan pada tenggorokan kamu.

2. Meredakan asma

Manfaat lobi-lobi bukan menghilangkan asma melainkan meredakannya. Bagi yang memiliki penyakit asma, kamu bisa mengonsumsi buah ini setiap hari agar kamu bisa lebih meredakan asma yang kambuh.

3. Mengobati disentri

Khasiat lobi-lobi yang satu ini berhubungan dengan penyakit disentri. Buah ini baik dikonsumsi oleh penderita disentri. Dengan mengonsumsinya secara rutin, maka penyakit disentri kamu akan sembuh dengan alami tanpa efek samping.

Baca juga:
Cara Gampang Tangkal Difteri
Mau Lancar Haid, Cari dan Konsumsi Buah Ini

4. Meredakan peradangan pada perut

Peradangan pada perut akan cenderung membuat perut kamu terasa sakit dan perih. Khasiat lobi-lobi untuk penyakit ini yaitu meredakan rasa sakit tersebut. Peradangan yang terjadi di perut biasanya terjadi karena asam lambung yang tinggi atau makanan yang kamu konsumsi tidak sesuai dengan lambung.

5. Mengatasi diare

Manfaat lobi-lobi untuk obat herbal juga sering digunakan sebagai obat diare. Buah ini mampu menjadi sumber makanan yang membantu untuk mengatasi diare. Konsumsilah jus yang terbuat dari buah ini agar lebih mudah diserap untuk tubuh.

6. Obat kencing darah

Saluran kemih yang sakit biasanya akan membuat kencing kamu berdarah. Selain memeriksakan diri ke dokter, nggak ada salahnya kamu mencoba obat alami dari buah lobi-lobi.

7. Mengatasi peradangan pada payudara

Payudara yang sakit bisa menjadi radang karena hal tertentu. Penyakit ini sering diderita oleh ibu yang sedang menyusui. Selain sehat, buah ini juga nggak berbahaya untuk dimakan oleh ibu menyusui.

8. Obat eksim

Salah satu penyakit yang dapat diobati dengan buah ini adalah penyakit eksim. Khasiat lobi-lobi untuk penyakit ini yaitu menghentikan kulit yang melepuh serta meredakan keluarnya nanah. Kamu bisa mengonsumsi buah ini secara rutin sampai penyakit eksim itu hilang.

9. Anti penuaan dini

Buah lobi-lobi ampuh menjadi penghalau penuaan dini yang terlalu cepat pada tubuh. Khasiat yang satu ini sangat dianjurkan untuk dimanfaatkan oleh para wanita yang ingin tampil awet muda.

Baca juga:
Jangan Tanya Khasiat Takokak
Daunnya sih Gatal, tapi Khasiatnya…

10. Meningkatkan sistem imun

Sistem imun kamu akan lebih terjaga setelah rutin mengonsumsi buah lobi-lobi. Kandungan vitamin C dalam buah ini akan membantu tubuh kamu menjadi lebih kebal dan kuat dari virus maupun bakteri penyakit.

Nah, banyak banget ya khasiatnya. Kalau ke pasar atau ke gerai buah, coba cari buah lobi-lobi itu. Siapa tahu ada yang menjual. Kalau semakin sulit, cobalah cari benih pohonnya dan coba tanam sendiri. Mudah kok pembudidayaannya. (EBC/SA)