Jangan Tanya Khasiat Takokak

Dalam sebutir buah takokak yang mungil tersimpan keajaiban bagi kesehatan tubuh. Cek saja sendiri betapa berkhasiatnya buah ini.

Jangan Tanya Khasiat Takokak
Buah takokak. (twitter.com/hashtag/takokak)

Inibaru.id – Buah takokak (Solanum torvum Sw ) disebut dengan beberapa nama antara lain terong pipit, tekokak, rimbang, terong teter, terong belut, cokowana, ribbang (Batak Toba), cepokak atau pokak (Jawa), turkey berry ("buni turki") dan mini-eggplant ("terong mini").

Rasanya yang pahit dengan bentuk mungil. Tapi tahukah kamu, takokak terkenal akan khasiatnya sebagai tanaman herbal untuk pengobatan organ mata, termasuk mata rabun?

Buah ini memang cocok untuk menyehatkan mata kamu. Pohonnya kecil dan berduri dengan rasa buah yang cukup pahit. Wajar saja, takokak lebih cocok untuk diolah daripada dikonsumsi langsung karena rasanya yang pahit itu.

Tapi siapa nyana bahwa buah dengan rasa yang mirip buah pare ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini seenggak-enggaknya mengandung cukup banyak solasonin, vitamin A, torvogenin, sisalogenone, dan chlorogenin.

Baca juga:
Takokak: Kecil dan Pahit, Tapi…
Jangan Cari Menteng di Kawasan Elite Menteng Jakarta

Yang paling menonjol dari semua kandungan tersebut adalah vitamin A untuk mata.

Lalu apa saja manfaat dan khasiat takokak selain untuk kesehatan mata? Mau tahu atau mau tahu banget? Simak ya penjelasan lengkapnya di bawah ini, yang dikutip dari khasiat.co.id.

  1. Obat bisul

Khasiat takokak yang pertama yaitu sebagai buah yang bermanfaat untuk mengobati bisul. Buah ini akan meredakan peradangan yang ditimbulkan akibat bisul. Kandungan buah ini akan mengempiskan bisul yang bengkak pada kulit kamu.

  1. Mengatasi radang payudara

Manfaat takokak untuk payudara terutama pada peradangan payudara. Payudara merupakan bagian pada tubuh wanita yang berpotensi lebih besar untuk terserang radang.

  1. Obat wasir

Khasiat takokak selanjutnya yaitu sebagai obat wasir. Kamu bisa merebus buah ini lalu mengonsumsi air rebusannya dengan teratur setiap hari. Senyawa yang baik dalam buah yang satu ini akan membantu tubuh kamu mengatasi wasir.

  1. Mengatasi asam urat

Khasiat takokak dengan kandungan gizi di dalamnya dapat dijadikan obat herbal untuk mengatasi asam urat. Buah ini akan membantu kamu dalam mengurangi gejala asam urat.

  1. Meredakan flu

Manfaat takokak untuk mencegah flu juga sudah terbukti. Buah ini akan mengusir virus penyebab flu yang menyerang tubuh. Rebuslah beberapa buah dan mengonsumsi air rebusannya yang masih hangat saat kamu terserang flu.

  1. Menenangkan jantung yang berdebar

Jantung yang berdebar lebih kencang akan membuat peredaran darah kamu jadi nggak stabil. Hal ini bisa menimbulkan penyakit jantung lainnya. Khasiat takokak untuk jantung yaitu bisa menenangkan debarannya sehingga lebih stabil dan tenang.

  1. Melancarkan peredaran darah

Buah takokak juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Buah ini akan memberikan kandungan gizi yang baik untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah sehingga aliran darah ke seluruh tubuh akan lancar.

  1. Obat liver

Buah takokak juga sering diolah menjadi obat yang ampuh untuk penyakit liver. Organ tubuh yang satu ini memang lebih banyak terkena racun yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah ini, penyakit liver kamu insya Allah terobati.

  1. Mengatasi tulang keropos

Osteoporosis dapat diatasi dengan mengonsumsi buah takokak. Kandungan buah ini akan menguatkan dan memadatkan tulang sehingga penyakit pengeroposan tulang bisa dihindari. Selain tulang, buah ini juga bisa menguatkan gigi.

  1. Meredakan sakit pinggang

Takokak sangat berguna untuk pinggang. Orang yang sering bekerja dalam situasi yang berat sering mengalami sakit pinggang. Untuk meredakannya, kamu bisa mengonsumsi buah ini untuk mengurangi rasa nyerinya.

Baca juga:
Dari India, Mangga Mendunia
Kesemek: Substropis Oke, Tropis pun Oke

Oya Millens, selain 10 khasiat di atas, takokak masih memiliki khasiat lainnya, yaitu menetralkan racun dalam tubuh, meredakan bengkak, obat sakit lambung, mengatasi batuk kronis, obat koreng di kulit, dan menyembuhkan memar.

Semoga bermanfaat, ya. (EBC/SA)