Mau Lancar Haid, Cari dan Konsumsi Buah Ini

Banyak sekali manfaat buah menteng untuk kesehatan. Salah satu yang paling populer adalah melancarkan menstruasi. Nah, kamu yang mengalami itu, coba berikhtiar mencari dan mengonsumsi buah antioksidan itu.

Mau Lancar Haid, Cari dan Konsumsi Buah Ini
Buah menteng. (manfaatbuah89.blogspot.com)

Inibaru.id – Ada banyak tanaman buah yang dulu dibudidayakan kini susah dijumpai. Salah satunya menteng atau kepundung yang nama Latinnya Baccaurea racemosa.

Buah menteng punya penampakan mirip buah duku dengan bentuk yang bulat  dan kecil. Rasa buah menteng cukup manis dengan daging buah berwarna putih, dan ada juga yang merah.

Nah, tahukah Sobat Millens, buah yang mulai langka itu punya kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan gizi tersebut antara lain kalori, lemak, fosfor, kalsium, karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C3, dan juga zat besi. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat.

Khasiat.co.id memberikan beberapa manfaat dan khasiat buah menteng sebagai berikut.

  1. Membantu proses pembentukan sel darah merah

Manfaat menteng yang pertama yaitu dapat membantu tubuh kamu untuk memproses pembuatan sel darah merah. Sel darah merah yang cukup akan membuat kamu lebih bertenaga. Selain itu, kamu bisa terhindar dari penyakit kekurangan sel darah merah, yaitu anemia.

Baca juga:
Jangan Tanya Khasiat Takokak
Daunnya sih Gatal, tapi Khasiatnya…

  1. Menyehatkan gigi

Menteng menyehatkan gigi. Buah ini bisa menjadi sumber makanan yang sehat untuk gigi karena mengandung kalsium. Jadi, cocok banget dijadikan makanan anak yang sedang dalam pertumbuhan gigi.

  1. Menguatkan tulang

Selain menyehatkan gigi, manfaat menteng juga baik untuk tulang. Kalsium dalam buah ini mampu membuat tulang tubuh kamu menjadi jauh lebih kuat. Kamu nggak perlu khawatir dan takut terserang penyakit tulang seperti osteoporosis.

  1. Menjaga metabolisme tubuh

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah ini bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh. Khasiat menteng ini akan memaksimalkan proses metabolisme tubuh agar kamu menjadi lebih sehat dan bugar.

  1. Obat diare

Manfaat menteng sebagai obat mampu menyembuhkan salah satu penyakit pencernaan, yaitu diare. Nutrisi dalam buah ini akan membunuh bakteri penyebab diare yang masuk ke tubuh kamu sehingga dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

  1. Melancarkan haid

Haid yang tidak lancar bisa menjadi masalah kesehatan yang cukup serius, terutama menyangkut organ intim wanita. Khasiat menteng yang satu ini dapat melancarkan haid. Haid yang lancar tentunya akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

  1. Obat mata bengkak

Manfaat menteng untuk mata adalah menyehatkannya. Hal ini karena kandungan vitamin A dalam buah ini sangat baik untuk mata. Selain itu, buah ini juga mampu menjadi obat bagi mata yang mengalami peradangan atau bengkak.

  1. Antioksidan

Khasiat menteng sebagai anti oksidan didukung oleh kandungan vitamin C nya yang cukup banyak sebagai penghalang radikal bebas. Dengan mencegah efek radikal bebas, kamu bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya seperti kanker.

  1. Sumber tenaga untuk tubuh

Buah menteng jika dikonsumsi setiap hari bisa menjadi buah yang memberikan tenaga serta energi untuk tumbuh. Kamu akan lebih segar dan juga bertenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Konsumsilah buah ini pada pagi hari sebelum kamu beraktivitas.

  1. Menyehatkan jantung

Jantung yang sehat akan membuat tubuh kamu juga sehat, terutama aliran darah yang dipompa jantung ke seluruh tubuh. Manfaat menteng bisa kamu dapatkan untuk menyehatkan organ tubuh Anda yang satu ini.

Baca juga:
Kesemek: Antara Santapan dan Obat
Cari dan Santaplah Kecapi, lalu Rasakan Khasiatnya

Selain 10 manfaat di atas, ada beberapa lainnya, yaitu mencegah kanker, menyehatkan kulit, menjaga kelembaban kulit, antipenuaan dini, dan mencegah sariawan. (EBC/SA)