Supaya Nggak Cepat Rusak, Ini Tips Memotret Saat Hujan

Supaya Nggak Cepat Rusak, Ini Tips Memotret Saat Hujan
memotret di musim hujan (Gmim)

Selain pemandangan yang terhalangi hujan atau kabut, kamera juga rentan mengalami kerusakan akibat terkena cipratan air hujan. Dengan begitu, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal bila pengin tetap memotret meski hujan.

Inibaru.id – Musim hujan dianggap sebagai salah satu kendala bagi mereka yang memiliki hobi fotografi. Nggak cuma akan membuat pemandangan menjadi kurang sip, air hujan juga dikhawatirkan bisa merusak kamera. Namun, kalau kamu pengin teteap memotret saat hujan, kamu bisa menggunakan beberapa tips ini, Millens.

menurut lensa.fotokita.net (17/6/2013), ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar tetap bisa berburu foto keren di musim hujan dengan aman. Beirkut adalah diantaranya.

Pakai Raincover

Hasil gambar untuk raincover kamera

Pastikan pakai raincover untuk kameramu. (Modeljashujan)

Pastikan untuk membungkus kamera dengan raincover agar terlindung dari air hujan. Raincover bisa dengan mudah didapatkan di toko-toko kamera, kok. J

ika nggak memiliki raincover, kamu juga bisa memakai kantong plastik bening yang diikatkan pada ujung lensa dengan memakai karet atau tali. Selain itu, pastikan membawa payung demi melindungi tubuh ataupun kamera saat hujan.

Lindungi Lensa

Gambar terkait

Pakaikan tudung lensa pada kamera. (Bestbuy)

Pastikan untuk memasang tudung lensa (lens hood) agar lensa nggak mudah terkena cipratan air. Kamu juga bisa memakai filter yang bisa mencegah cipratan air secara langsung pada bagian optik lensa.

Bawa Kain Pembersih dan Tisu Lensa

Hasil gambar untuk tisu lensa

Bawa tisu pembersih lensa. (Jakartanotebook)

Segera keringkan kamera atau lensa dengan kain pembersih jika ada air yang membasahi. Pastikan untuk selalu melakukannya meski cipratan air tidak begitu banyak, Millens.

Hati-Hati Saat Mengganti Lensa

Gambar terkait

Mengganti lensa kamera. (Truquesfotograficos)

Ada baiknya kamu nggak sering-sering mengganti lensa kecuali benar-benar dibutuhkan. Jika harus menggantinya, pastikan untuk mengarahkan lens mount ke bawah sehingga posisi body kamera juga mengarah ke bawah dan nggak akan terkena cipratan ar hujan.

Eits, meski sudah ada tips-tips tersebut, sobat Millens juga harus berhati-hati saat berburu foto saat musim hujan, ya. Sebagai contoh, jangan berada di tempat yang lapang karena tentu akan lebih rentan untuk terkena sambaran petir. Selain itu, jika hujan sudah sangat lebat dan disertai dengan angin kencang, segeralah mencari tempat berlindung demi keselamatan diri. Selamat menjemput foto bagus! (IB09/E04)