Perlukah Orang Sehat Pakai Masker untuk Cegah Corona?

Perlukah Orang Sehat Pakai Masker untuk Cegah Corona?
Orang sehat nggak dianjurkan pakai masker. (Istockphoto/Izusek)

Memakai masker tengah menjadi kebutuhan akhir-akhir ini karena virus corona. Benarkah memakai masker bagi orang sehat dapat mencegah dari serangan Covid-19?

Inibaru.id – Kebutuhan masker meningkat dengan tajam akhir-akhir ini karena adanya virus corona. Virus tersebut positif masuk ke Indonesia setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan ada dua warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi coronavirus disesease (Covid-19) pada Senin (2/3/20).

Dua korban adalah seorang ibu (64) dan anak (31) yang sebelumnya menjalin kontak dengan warga negara Jepang. Keduanya merupakan warga Depok yang saat ini tengah dirawat di RS Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Kabar ini membuat khawatir masyarakat. Masker yang diduga bisa menjadi alat mencegah penularan virus corona kini permintaannya melonjak tajam. Penularan virus corona yang disalurkan melalui bersin dan cairan batuk orang yang terinfeksi disebut-sebut dapat dicegah jika seseorang menggunakan masker.

Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. (Warta Kota/Andika Panduwinata)
Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. (Warta Kota/Andika Panduwinata)

Spesialis pencegahan infeksi Eli Perencevich sebagaimana diberitakan Forbes, Senin (1/2), mengatakan bagi orang yang sehat sebenarnya penggunaan masker nggak dianjurkan.

“Rata-rata orang yang sehat tidak perlu menggunakan masker dan mereka seharusnya tidak mengenakan masker," kata Perencevich.

Laki-laki yang juga profesor kedokteran dan epidemilogi di Fakultas Kedokteran Universitas Iowa itu menambahkan belum ada bukti ilmiah yang meyakinkan jika orang sehat yang mengenakan masker dapat terlindungi dari Covid-19. Sebaliknya jika penggunaan masker dipakai secara salah dapat meningkatkan risiko.

“Memakainya (masker) secara salah dapat meningkatkan risiko infeksi karena mereka lebih sering menyentuh wajah mereka,” tuturnya.

Masker diperuntukkan bagi orang yang tengah sakit guna menghindari penularan penyakit pada orang lain. Jadi jika kamu tengah menderita flu, di rumah kamu harus menggunakan masker untuk melindungi keluargamu dari penyakit serupa.

“Satu hal, anda bisa mengenakan masker jika anda sakit dan harus meninggalkan rumah. Jika Anda terserang flu atau mengira anda menderita Covid-19, saat itulah anda mengenakan masker untuk melindungi orang lain,” ujar Parencevich.

Eli Perencevich. (Youtube/University of Iowa research)
Eli Perencevich. (Youtube/University of Iowa research)

Jika kamu sehat, menggunakan masker bukan suatu anjuran. Berbagai langkah yang bisa kamu lakukan untuk melindungi diri dari virus corona yaitu dengan menjaga kondisi (imun) untuk selalu vit dengan makan-makanan yang sehat dan bergizi.

Jangan lupa pula untuk mencuci tangan sebagaimana disarankan oleh professor biofisika Universitas Johns Hopkins, Karen Fleming. Sebab virus corona merupakan virus yang memiliki lapisan tersendiri.

“Virus korona adalah virus yang 'diselimuti', yang berarti dia memiliki lapisan membran lipid luar. Mencuci tangan dengan sabun dan air memiliki kemampuan untuk 'melarutkan' lapisan lemak berminyak ini dan membunuh virusnya," kata Karen.

Jadi, gunakan masker secara bijak ya, Millens! (MG26/E06)