Cara Memakai dan Membuang Masker dengan Benar

Cara Memakai dan Membuang Masker dengan Benar
Pastikan menggunakan masker dengan tepat. (Hellosehat)

Memakai masker sekilas memang terlihat simple dan mudah. Namun, nggak sedikit pula orang yang memakai masker secara serampangan. Begitu pun dengan melepas dan membuangnya. Gimana ya cara yang tepat?

Inibaru.id – Penggunaan masker dalam kehidupan sehari-hari dapat mencegah diri dari penularan berbagai macam bakteri penyakit. Masker juga digunakan di tengah polusi udara dan debu yang semakin banyak. Kasus terbaru menyebarnya virus corona menjadikan alat pelindung saluran pernafasan satu ini jadi kian diburu.

Sayangnya, pemakaian masker yang baik dan benar belum banyak diketahui oleh para penggunanya. Padahal jika masker dipakai secara keliru malah dapat merugikan, karena bisa jadi virus malah masuk. Berikut ini cara memakai hingga membuang masker yang benar.

Orang yang Sebaiknya Memakai Masker

Kamu yang terbiasa beraktivitas di luar jangan lupa pakai masker. (Hellosehat)<br>
Kamu yang terbiasa beraktivitas di luar jangan lupa pakai masker. (Hellosehat)

Jalan raya mengandung polusi dan debu yang cukup banyak. Bagi kamu yang terbiasa beraktivitas melewati jalan raya atau tempat kerja lain di luar ruangan disarankan untuk mengenakan masker. Jenis masker yang sering digunakan yaitu masker medis. Biasanya berwarna biru atau hijau yang dapat kamu beli di apotek.

Selain itu, golongan lain yang harus mengenakan masker termasuk: orang-orang yang memiliki penyakit infeksi pernafasan (TBC, flu, pneumonia, bronkritis), orang-orang yang tengah berkunjung ke rumah sakit, orang-orang yang memproses makanan, dan lain-lain.

Cara Menggunakan Masker yang Tepat

Talikan dengan benar. (Sehatq)<br>
Talikan dengan benar. (Sehatq)

Hal pertama, pastikan ukuran masker sesuai dengan bentuk wajah kamu. Sebelum menyentuh dan memasang masker, cucilah tanganmu terlebih dahulu. Jika masker yang kamu beli punya dua warna, tentukan sisi dalam dan luar masker. Umumnya sisi luar berwarna hijau/biru, sedangkan warna putih  menempel di lapisan kulit. Tentukan pula sisi atas masker dengan garis kawat di hidung.

Ikat tali masker pada bagian atas kepala. Cubit kawat masker sesuai bentuk hidungmu agar rapat. Panjangkan lipatan masker ke arah bawah untuk menutup hidung hingga dagu. Ketika masker terpasang, jangan menyentuh masker sebelum cuci tangan. Perhatikan pula masa efisisiensi masker, untuk masker medis efektif selama 3-4 jam pemakaian.

Cara Melepas dan Membuang Masker yang Benar

Lepaskan masker dengan benar ya! (Shuttershock)<br>
Lepaskan masker dengan benar ya! (Shuttershock)

Sebagaimana menggunakan masker, ketika kamu hendak melepas disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Hindari menyentuh bagian depan yang dipadati banyak kuman, sentuh saja talinya. Untuk melepas masker, sesuaikan dengan jenis masker. Jika tali, lepas tali bagian bawah dahulu baru tali bagian atas.

Setelah melepas tali, seketika itu juga buang ke tempat sampah. Jangan sentuh bagian depan masker. Usai membuang masker, cuci tanganmu lagi menggunakan sabun cuci tangan atau hand sanitizer. Jika masker telah rusak/kotor, segeralah untuk menggantinya.

Nah, begitulah Millens. Jangan sampai salah memakai, melepas, dan membuang masker ya! (MG26/E06)