Jerawatan Pasca-Lebaran? Ini Sebab dan Solusinya!

Jerawatan Pasca-Lebaran? Ini Sebab dan Solusinya!
Kamu jerawatan sehabis lebaran? (Freepik via Urbanesia)

Masalah setelah lebaran bukan cuma badan melar gara-gara ngemil setiap kali silaturahmi, tapi juga jerawat dan beruntusan. Sebal ya setelah lebaran jerawat malah tumbuh subur. Gimana mengatasinya, ya?

Inibaru.id – Kamu pernah nggak sih kesal karena wajah penuh jerawat setiap habis Hari Raya? Gara-gara hal ini, usaha selama berbulan-bulan bikin wajah glowing seperti percuma. Setelah lebaran, mau nggak mau kamu harus mulai perawatan dari nol lagi.

Tapi, kira-kira apa yang menjadi penyebab wajah jadi langganan jerawat setiap habis lebaran dan cara mengatasinya?

Sebab dan Solusi Mengatasi Jerawat Pasca-Lebaran

Kebanyakan Makan Makanan Manis dan Bersantan

Apalah lebaran tanpa kue-kue manis dan opor? Kedua jenis makanan ini memang identik dengan momen lebaran. Meskipun makanan-makanan ini bisa ditemui selain di hari lebaran, tapi tetap saja nggak afdol kalau melewatkannya di Hari Raya.

Kamu mungkin selalu disuguhi makanan-makanan ini setiap kali bertamu. Sebanyak itu pula kamu icip-icip. Nah, makanan manis dan bersantan plus berminyak yang kamu konsumsi selama safari silaturahmi, jerawatlah yang nongol.

Memakai Makeup Tebal Seharian

Makeup tebal seharian dapat memicu jerawat. (Freepik)
Makeup tebal seharian dapat memicu jerawat. (Freepik)

Banyak perempuan memakai makeup tebal seharian agar tahan lama selama silaturahmi seharian. Menggunakan makeup tebal mungkin praktis karena nggak harus sering touch up, tapi pori-pori wajah jadi tersumbat. Akibatnya, jerawat jadi berdatangan. Jerawat bisa tambah parah jika kamu mengaplikasikan makeup tebal dalam waktu yang lama.

Menggunakan Masker Seharian

Jerawat juga bisa bercokol di wajahmu akibat pemakaian masker lo. Selama dua tahun ini, masker telah menjadi salah satu pelengkap penampilan lebaran akibat virus Covid-19. Nah, pemakaian masker seharian bisa memicu maskne (masker acne).

Jadi, masker yang dipakai terus-menerus akan bergesekan dengan kulit wajah. Kalau begini terus dalam waktu lama, wajah bisa mengalami peradangan, terutama pada area yang tertutup masker. Nggak percaya? Coba deh perhatikan di mana jerawatmu tumbuh!

Malas Membersihkan Wajah Usai Beraktivitas

Seharian bersilaturahim memang bisa bikin badan capek. Apalagi jika di tempat yang lumayan jauh. Terkadang, ini bisa membuat orang terlalu lelah untuk sekadar membersihkan wajah sebelum beristirahat. Padahal, wajah sudah penuh makeup, debu, minyak, dan polusi. Nggak heran deh kalau jerawat jadi betah.

Cara Mengatasi Jerawat Setelah Lebaran

Kalau kamu terlanjur berjerawat setelah Hari Raya, jangan langsung panik! Beberapa hal ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat yang bandel. Apa saja?

-          Kurangi makeup yang terlalu tebal

-          Ketika di rumah saja, nggak usah gunakan makeup agar wajah bisa istirahat

-          Jangan malas memakai skincare

-          Lakukan eksfoliasi secara teratur supaya sel-sel kulit mati dan kotoran yang membandel di wajah dapat terangkat

-          Lakukan double masking untuk wajah tampak lebih segar, mulus dan glowing

-          Kurangi konsumsi makanan manis, berminyak, dan bersantan

Hm, sekarang sudah tahu ya apa saja yang bikin wajah berjerawat setelah lebaran? Mana nih yang jadi biang kerok jerawat di wajahmu, Millens? (Pop/IB21/E07)