Hoaks, Air Rebusan Bawang Putih Nggak Terbukti Sembuhkan Pasien Virus Corona

Hoaks, Air Rebusan Bawang Putih Nggak Terbukti Sembuhkan Pasien Virus Corona
Virus Corona 2019-nCoV. (Generali)

Di media sosial tengah viral informasi yang mengatakan virus Corona 2019-nCoV dapat disembuhkan dengan meminum air rebusan bawang putih. Benarkah informasi tersebut?Yuk cek lagi!

Inibaru.id – Cung Fuk Loi Ahok lewat postingan akun Facebook menginformasikan jika minum air rebusan bawang putih bisa menyembuhkan pasien yang terinfeksi virus Corona 2019-nCoV. Unggahan Cung yang terbit Senin, 27 Januari 2020 tersebut viral dan telah dibagikan lebih dari 6 ribu kali dengan suka lebih dari 500 kali.

Ternyata nggak hanya Cung Fuk Loi Ahok saja yang membagikan narasi tersebut. Lewat video Youtube, Cai Chun Xiong Batam juga mengatakan air rebusan bawang putih bisa menyembuhkan infeksi virus Corona.

Melansir Cek Fakta Tempo, Rabu (29/1), informasi tersebut dinyatakan keliru. Peneliti mikrobiologi dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Sugiyono Saputra menjelaskan, hingga saat ini belum ada penelitian yang menyatakan bawang putih dapat menyembuhkan pasien yang terkena virus Corona 2019-nCoV.

Memang ada sebuah penelitian berjudul “Garlic for the Common”  yang menyatakan sekelompok pasien penderita flu sembuh lebih cepat dengan mengkonsumsi bawang putih. Namun, secara klinis penelitian ini nggak kuat. Bawang putih mempunyai kandungan antibakteri dan antivirus, tapi dengan pemanasan aktivitasnya menurun.  Jadi nggak bisa disimpulkan bawah putih menyembuhkan flu/pilek.

“Secara bukti ilmiah, flu biasa juga tidak bisa disembuhkan dengan bawang putih, apalagi untuk virus Corona. Jadi, informasi ini hoax," kata Sugiyono.

Platform medis CureFacts menulis pula, efektivitas bawang putih dalam menyembuhkan flu biasa belum terbukti kejelasannya. Penelitian lanjutan untuk mendukung klaim ini masih dibutuhkan agar informasi yang beredar nggak salah.

Di sisi lain, Direktur Pusat Penelitian dan Pendidikan Penyakit Menular Tropis Universitas Malaya, Sazaly Abu Bakar mengatakan, virus Corona 2019-nCoV mempunyai Case Fatality Rate (CFR atau rasio fatalitas kasus) sekitar tiga persen. Sehingga memberi peluang sembuh yang besar bagi pasien.

"Sampai saat ini, virus 2019-nCoV terlihat tidak terlalu ganas, kecuali pada orang-orang tua dan mereka yang sebelumnya memiliki kondisi kesehatan tertentu," ucap Sazaly.

Maka dapat disimpulkan, orang yang terinfeksi virus Corona 2019-nCoV dapat sembuh dengan meminum rebusan air putih nggak terbukti benar ya, Millens! (MG26/E06)