Pohon Pengantin Salatiga, si Kesepian Pelanggeng Asmara Dua Insan

Pohon Pengantin Salatiga, si Kesepian Pelanggeng Asmara Dua Insan
terletak di tengah hamparan sawah. (Shutterstock)

Tumbuh sendirian di tengah hamparan sawah, Pohon Pengantin di Salatiga ini dipercaya dapat membuat hubungan awet. Namun di balik kepopulerannya, pohon istimewa ini menyimpan cerita lengkap dengan mitosnya.

Inibaru.id – Salatiga, sebuah kota dingin yang terletak antara Kabupaten Semarang dan Magelang ini punya banyak potensi wisata. Mulai dari wisata alamnya yang menawarkan suasana asri nan dingin, hingga wisata kuliner dan adventure park yang menantang. Namun jika datang ke Salatiga, nggak ada salahnya untuk mengabadikan momen di Pohon Pengantin.

Pohon yang berdiri sendiri di pematang sawah ini terletak di Jalan Siranda, Pulutan, Kota Salatiga, Millens! Keunikannya membuat pohon ini membuatnya dianggap istimewa bagi beberapa orang sehingga kerap dikunjungi. Meski begitu, lokasinya bukanlah lokasi wisata resmi yang dipungut tiket masuk lo!

Indah banget kan? (Random Nondya)
Indah banget kan? (Random Nondya)

Bagi masyarakat yang pernah berkunjung, penampakan pohon ini  pasti punya penampakan berbeda dari pohon yang lain. Bentuknya meliuk-liuk bak ular. Bagian batangnya yang sedikit horizontal membuatnya tampak seperti membentuk tempat duduk yang nyaman. Dari kejauhan, pohon ini tampak seperti bonsai.

Lokasinya kerap menjadi tujuan muda-mudi di kala senja atau fajar. Kebanyakan dari mereka memburu golden sunset di sana yang pastinya terlihat ciamik. Bahkan warga setempat menyebut pohon tersebut menjadi lokasi pengambilan foto pranikah.

Menyimpan Mitos

Lalu, mengapa sebatang pohon di hamparan sawah tersebut bisa dijuluki pohon pengantin? Ternyata sebuah mitos yang beredar menyebutkan bahwa pohon tersebut merupakan jelmaan dari sepasang pengantin. Sayangnya, nggak pernah diketahui di mana pohon yang satunya tumbuh.

Salah seorang warga setempat mengatakan bahwa dahulu ada dua pohon di lokasi tersebut. Sayangnya salah satunya harus ditebang. Dari mitos yang beredar, pohon yang juga dijuluki pohon cinta ini juga dapat melanggengkan hubungan asmara buat pasangan yang mengunjunginya lo!

Disadari atau tidak, pohon yang tumbuh sendirian di suatu tempat bakal terlihat sangat istimewa. Biasanya berbagai kisah bakal menyelimuti keberadaan pohon unik tersebut. Baik itu adalah kisah untuk tumbuh dan bertahan hidup sendiri, hingga klenik yang tersimpan di dalamnya.

Pohon Pengantin saat senja. (Situs berita online)
Pohon Pengantin saat senja. (Situs berita online)

Kisah pohon yang istimewa ini bisa ditemui dalam mitologi Nordik. Bagi orang Eropa Utara (Skandinavia) zaman dahulu, terdapat pohon yggdrasil yang diceritakan sebagai pohon kehidupan yang berdiri sendiri. Pohon ini punya ukuran sangat besar dan keramat. Konon, pohon ini dapat menghubungkan Sembilan dunia dalam kosmologi Nordik.

Saking populernya, pohon pengantin membuat salah seorang musikus Salatiga Erfix Bahtiar mempersembahkan sebuah lagu dengan judul “Pohon Pengantin”. Sayangnya kini banyak tangan jahil yang melukai batang pohon ini.

Kamu sendiri tertarik mengunjungi pohon istimewa yang satu ini? Jangan lupa untuk menjaga kelestariannya ya! (GNFI/IB27/E05)