Menag Lukman Buka Detik-Detik Waisak 2018 dengan Terbangkan Lampion

Detik-Detik Waisak 2018 resmi dibuka, yang ditandai dengan pelepasan lampion secara simbolik. Acara tersebut juga dihadiri Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin. Seperti apa keseruannya?

Menag Lukman Buka Detik-Detik Waisak 2018 dengan Terbangkan Lampion
Penerbangan lampion secara simbolik oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim beserta umat Buddha yang hadir di Candi Borobudur, Selasa (29/5/2018). (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Inibaru.id - Lagu "Indonesia Raya" menggema di segala penjuru Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada pembukaan Detik-Detik Waisak, Selasa (29/5/2018). Seluruh peserta, simpatisan, dan umat Buddha, yang memadati Zona 1 Candi Borobudur serentak menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia tersebut dengan penuh kebanggaan.

Panduan Suara Harmoni Dharma memandu peserta menyanyikan lagu "Indonesia Raya" dalam Detik-Detik Waisak 2018. (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Dihadiri Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian Perayaan Waisak 2562 BE/2018. Sebelumnya, acara didahului dengan karnaval prosesi kirab Air Berkah dan Api Dharma dari Candi Mendut ke Candi Borobudur yang berlangsung seja pagi hari.

Menag Lukman dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh peserta yang hadir akan pentingnya berbagi dan berbuat kebajikan sebagaimana telah diajarkan Sang Buddha.

"Kita harus semakin meneguhkan moderasi agama. Agama tidak boleh dibawa kepada pemahaman dan pengamalan yang ekstrem. Melalui moderasi agama, kita bisa mengikis ego pribadi sebab sadar akan hadirnya Tuhan," terangnya.

Menteri Agama RI Lukman Hakim hadir dalam Detik-Detik Waisak 2018. (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Selain Lukman, gelaran tersebut juga dihadiri oleh beberapa pejabat publik, di antaranya Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, para tamu undangan, dan sejumlah duta besar dari negara sahabat. Selain sambutan oleh Menag, para peserta juga disuguhi sejumlah penampilan, salah satunya adalah Tarian Duka.

Tarian Duka dalam Detik-Detik Waisak 2018. (Inibaru.id/Hayyina Hilal)

Acara pun kemudian dibuka dengan pelepasan lampion secara simbolik oleh para tamu undangan. Sementara, Malam puncak Detik-detik Waisak akan berlangsung Selasa (29/5) malam, yang ditandai dengan pelepasan sekitar 2.000 lampion di Candi Borobudur. (Mayang Istnaini/E03)