Murdijati Gardjito Dedikasikan Hidupnya untuk Meneliti Kuliner Indonesia

Karena keresahannya terhadap perkembangan kuliner di Indonesia, Murdijati Gardjito kini mendedikasikan diri menjadi peneliti kuliner asli Indonesia.

Murdijati Gardjito Dedikasikan Hidupnya untuk Meneliti Kuliner Indonesia
Murdijati Gardjito (communitea.id)

Inibaru.id – Berawal dari kegelisahannya terhadap makna dan identitas makanan Indonesia, Prof Dr Ir Murdijati Gardjito kini mendedikasikan hidupnya untuk terus meneliti kuliner Indonesia.

Peneliti di Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gadjah Mada itu mulai meneliti kuliner Indonesia sejak 2003. Semangatnya semakin berkobar saat dia mendapati hasil penelitian kuliner di Indonesia kebanyakan justru fokus pada kuliner internasional.

“Makanan khas Indonesia adalah suatu alat untuk membangun kebangkitan bangsa pada era seperti sekarang. Makanan tradisional itu kekuatan bangsa Indonesia,” kata Mur, begitu dia biasa disapa seperti ditulis travel.kompas.com (29/5/18).

Salah satu buku karya Murdijati Gardjito. (kantongbuku.blogspot.com)

Tahu nggak, hasil riset Mur bersama para asistennya menyimpulkan bahwa Indonesia punya 3.257 hidangan. 1.100 di antaranya berupa kudapan basah atau kering, 150 berupa minuman, 208 hidangan pokok, dan 1.800 lauk  basah serta kering. Wah, banyak banget ya, Millens!

“Indonesia punya kurang lebih 1.317 suku. Artinya ada 1.317 dapur di Indonesia yang kulinernya pasti lezat dan punya cita rasa yang khas. Makanya kita harus bangga terhadap warisan kuliner bangsa sendiri,” tambah perempuan kelahiran Yogyakarta 76 tahun silam itu.

Dia juga menambahkan, kita punya peluang besar untuk mengangkat kuliner Indonesia sebagai bagian dari destinasi wisata yang menarik turis mancanegara. Mur yakin, kuliner Indonesia pasti bisa go international seperti ditulis kagama.co (1/3/18).

Konstan Meneliti

Hasil penelitian penting untuk memantapkan identitas kuliner Indonesia agar nggak mudah diklaim oleh bangsa lain, Millens. Selain itu tanpa dokumentasi tertulis, resep dan sejarah kuliner Indonesia bisa terancam punah karena nggak dikenal oleh generasi mendatang.

Nggak heran kalau Mur masih tetap konstan meneliti kuliner. Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada itu juga sering diundang menjadi pembicara di berbagai acara kuliner baik dalam skala kecil maupun besar. Oya, beberapa buku tentang kuliner juga sudah dia tulis lo.

Bagi Mur, kegiatan di bidang kuliner bak raksasa yang siap membangun perekonomian Indonesia. Apalagi karena asli berasal dari bangsa sendiri.

Wah, kecintaan Mur terhadap kuliner dan bangsa sendiri patut kita contoh nih, Millens. Yuk mulai lestarikan kuliner khas Indonesia. (IB10/E05)