"Sultan Agung: The Untold Love Story", Dilema dan Perjuangan Sang Penguasa Mataram

Poster "Sultan Agung: The Untold Love Story". (newsmedia.co.id)

Kamu nggak hanya bakal menyaksikan kehidupan asmara Sang Sultan, tapi juga perjuangannya melawan penjajah.

Inibaru.id – Ada satu film yang menarik buat kamu tonton Agustus ini nih. Yap, Sultan Agung: The Untold Love Story.

Suaramerdeka.com Senin (6/8/2018) menulis, film besutan Hanung Bramantyo itu bercerita tentang kisah Raden Mas Rangsang yang berada di persimpangan pilihan. Setelah ayahnya meninggal, mau nggak mau dia harus menjadi penerus tahta Kerajaan Mataram.

Sejumlah pemain "Sultan Agung: The Untold Love Story". (viva.co.id)

Konsekuensinya, dia harus meninggalkan Lembayung, perempuan yang sangat dia cintai. Wah, bikin bimbang dong.

Nggak hanya tentang romansa, melalui film itu penonton diajak untuk menilik masa lalu. Lebih tepatnya bagaimana perjuangan dan pengorbanan masyarakat Indonesia pada abad 16 dalam melawan VOC.

Fyi, film yang dijadwalkan tayang pada 23 Agustus 2018 itu dibintangi oleh aktor dan aktris populer Indonesia seperti Ario Bayu, Lukman Sardi, Meriam Bellina, Adinia Wirasti, dan Putri Marino.

Bangunan Latar Permanen

Menariknya, syuting Sultan Agung: The Untold Love Story dilakukan dengan latar permanen lo. Sebuah desa dengan latar Kerajaan Mataram Islam sengaja dibangun di Desa Gamplong, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman.

Mooryati Soedibyo Cinema selaku produser film itu sengaja menghadirkan suasana kehidupan Kerajaan Mataram Islam yang mirip dengan aslinya. Hm, penonton bakal dibawa semakin dekat dengan kisah Raden Mas Rangsang nih.

Salah satu set film di Desa Gamplong. (mldspot.com)

Serunya lagi, studio film di Desa Gamplong itu sudah dihibahkan kepada pemerintah. Dengan demikian, masyarakat jadi bebas berkunjung dan melihat langsung bangunan set film di sana.

“Desa Gamplong bisa terkenal dan ekonomi warga pun lebih hidup. Saya sangat menghargai upaya Mooryati Soedibyo Cinema membuat film kolosal tentang Sultan Agung,” kata Presiden Jokowi saat meninjau langsung Studio Gamplong seperti ditulis merdeka.com (15/7/2018).

Yap, selain membuat film biopik tentang tokoh bersejarah, Sultan Agung: The Untold Love Story juga bikin tempat wisata baru nih! (IB10/E05)