Bahasa Isyarat Jokowi hingga Lagu Boyband EXO Meriahkan Pembukaan Asian Paragames 2018

Bahasa Isyarat Jokowi hingga Lagu Boyband EXO Meriahkan Pembukaan Asian Paragames 2018
Jokowi memanah di acara pembukaan Asian Paragames 2018. (Cnbcindonesia.com)

Nggak cuma pembukaan Asian Games 2018 yang mencuri perhatian masyarakat dunia, pembukaan Asian Paragames 20198 pun demikian. Berikut hal-hal menarik saat pembukaan Asian Paragames 2018.

Inibaru.id – Pembukaan Asian Paragames 2018 rampung digelar. Bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/10/2018) pembukaan tersebut disajikan dengan konsep keindahan laut Indonesia. Seperti pembukan Asian Games 2018 beberapa waktu lalu, pembukaan kali ini juga mencuri perhatian masyarakat Indonesia.

Semangat persatuan dalam keberagaman adalah tema yang diusung dalam pembukaan ajang olahraga bagi penyandang disabilitas terbesar di Asia itu. Sejumlah pejabat seperti Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden RI ke-5 Megawati Sukarnoputri, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga tampak hadir dalam acara ini.

Seperti biasa, acara itu dibuka Presiden Jokowi. Satu hal yang menarik, Jokowi membuka ajang olahraga ini memakai tepuk isyarat. Nggak cukup dengan tepuk isyarat, lelaki asal Surakarta, Jawa Tengah ini juga berpidato menggunakan bahasa isyarat.

“Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya bangga menyambut kehadiran bapak, ibu, dan saudara tamu-tamu istimewa dari 43 negara. Melalui Asian Paragames 2018 ini, kita mempererat persaudaraan, menjunjung tinggi kemanusiaan. Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim saya nyatakan dengan resmi Asian Paragames dibuka. Selamat berjuang, sukses,” kata Jokowi seperti ditulis Tribunnews.com, Minggu (7/10).

Nggak cukup sampai di situ, Jokowi memberikan kejutan lain dengan menunjukkan kebolehannya dalam memanah. Didampingi gadis yang sempat viral karena meminta kursi roda kepada Jokowi Bulan Karunia dan atlet memanah Abdul Hamid, Jokowi memanah kata “dis” pada “Disability” sehingga menyisakan “Ability”.

Proses ini dimaknai sebagai kemampuan yang dimiliki para penyandang disabilitas. Kendati istimewa, mereka tetap bisa dan berhak memiliki kesempatan yang sama seperti orang lainnya.

Hal lain yang mengundang perhatian masyarakat yakni spanduk bertuliskan “Hello Indonesia” dalam bahasa Mandarin yang dibawa kontingen Tiongkok. Pada momen yang sama, warganet juga terhibur dengan gaya Ibu negara Iriana Jokowi yang menggoyangkan badan. Selain itu, Lagu We are One milik Exo yang mengiringi pembukaan turut pula menjadi sorotan para penonton.

Acara semakin meriah dengan aksi para penari disabiltas yang melakukan breakdance. Bersama sang cucu Jan Ethes yang juga duduk di tribun VIP, Presiden Jokowi nggak berhenti bertepuk tangan mengapresiasi aksi para penari tersebut.

Yap, banyak kejutan yang ditampilkan pada Pembukaan Asian Paragames 2018, Sabtu (6/10) malam. Eits, tapi jangan cuma terpesona dengan pembukaannya saja ya, Millens. Dukungan dan semangat untuk atlet Indonesia juga sangat dibutuhkan, lo. Yuk, ramai-ramai dukung atlet Indonesia supaya bisa meraih hasil maksimal! (IB15/E04)