Tetap Utamakan Pendidikan, Sederet Idol K-Pop Ini Lanjutkan Pendidikan hingga S-2

Tetap Utamakan Pendidikan, Sederet Idol K-Pop Ini Lanjutkan Pendidikan hingga S-2
Chen dan Xiumin EXO. (Theqoo)

Kesibukan yang padat tampaknya nggak menghalangi sederet idol K-Pop ini untuk mengenyam pendidikan hingga jenjang S-2 lo, Millens. Siapa saja?

Inibaru.id – Idol K-Pop biasanya memiliki jadwal yang sangat padat mulai dari syuting, promosi album, fansign, hingga menjalani tur ke berbagai kota atau negara. Nggak hanya itu, sejumlah idol juga merambah sebagai aktor dan pengisi acara.

Meski demikian, kesibukan sebagai idol rupanya nggak serta merta membuat mereka abai terhadap pendidikan. Sejumlah idol malah melanjutkan mendidikan hingga jenjang S-2 bahkan S-3. Nah, inilah sederet idol K-Pop yang melanjutkan pendidikan tinggi.

Kyuhyun Super Junior

Kyuhyun Super Junior. (Soompi)

Anggota termuda atau Maknae Super Junior Kyuhyun ini telah menamatkan studi S1 sekaligus S2 di Universitas Kyunghee pada 2013 lalu dengan jurusan Postmodern Music. Kyuhyun sempat ramai diperbincangkan karena tesis S2 miliknya paling banyak dicari di situs Korea Educational Research and Infromation Service pada 2017. Tesis dengan judul “Study of K-Pop’s Current State and Possible Future Growth” itu membahas tentang bagaimana demam K-Pop menyebar secara global nggak hanya di Asia saja, bahkan hingga Eropa dan Amerika.

Changmin dan Yunho TVXQ

Changmin dan Yunho TVXQ. (Soompi)

Idol bernama Lengkap Shim Changmin ini juga dikenal sebagai member paling cerdas di TVXQ. Diketahui, Changmin diterima di Universitas Kyunghee pada 2009 dan mengambil jurusan Postmodern Music. Selanjutnya, dia kuliah magister di Universitas Konkuk mengambil jurusan Film dan Seni. Setelah lulus, Changmin meneruskan pendidikannya ke jenjang doktoral di Universitas Inha.

Selain Changmin, Yunho juga melanjutkan pendidikannya hingga S-2 lo, Millens. Leader TVXQ itu melanjutkan S2 di Universitas Chungwoo setelah menamatkan S-1 di Universitas Myongji. Wah hebat banget ya member-member TVXQ ini!

Key SHINee

Key SHINee. (Soompi)

Salah seorang member SHINee, Key, menyelesaikan kuliah S-1 di Universitas Myongji jurusan Film and Musikal. Dia kemudian menlanjutkan ke jejang master di Universitas Wooseok jurusan Pengembangan Konten Budaya dan Pendidikan.

Key menyelesaikan tesis berjudul “The Influence of Styling Education on Appearance Statisfacation and Self-Esteem of Korean Adoelescents” dan menulisnya dalam bahasa Inggris.

Taecyeon 2PM

Taecyeon 2PM. (Soompi)

Berprofesi sebagai idol sekaligus aktor nggak membuat Taecyeon meninggalkan pendidikannya. Lelaki bernama lengkap Ok Taecyeon ini telah menyelesaikan program S-1 jurusan Bisnis Administrasi di Universitas Dankook dan melanjutkan S-2 di Korea University Graduate School.

Taeyang BIGBANG

Taeyang BIGBANG (Soompi).

Vokalis BIGBANG ini telah merampungkan studi S-2 pada Februari 2017 lalu. Taeyang lulus dengan gelar S-2 Jurusan Producing Performances and Images di Universitas Daejin. Tesis Taeyang yang berjudul “The Influence of BIGBANG World Tour [MADE] on Sustainbility of the Korean Wave” membahas tentang pentingnya idol K-Pop untuk berkomunikasi dengan penggemar global.

Chen dan Xiumin EXO

Chen dan Xiumin EXO (Theqoo).

Kesibukan sebagai member EXO dan sub-grup EXO CBX rupanya bukan halangan bagi Chen dan Xiumin untuk menempuh pendidikan tinggi. Setelah menyelesaikan S-1 di Universitas Kyunghee dengan jurusan Bisnis Administrasi, Chen memutuskan untuk lanjut ke S-2 di Universitas Hanyang dan mengambil jurusan Periklanan dan Media pada 2017 lalu.

Sementara itu, Xiumin berhasil merampungkan studi S-2 pada 2014 silam di Universitas Katolik Kwandong. Xiumin juga dikabarkan melanjutkan kuliah untuk gelar doktor di universitas yang sama.

Jin BTS

Jin BTS. (Instagram/koreandispatch)

Di tengah padatnya jadwal sebagai member BTS, pendidikan Kim Seok Jin nggak berhenti di jenjang S1 saja. Setelah lulus S-1 jurusan Film dan Seni di Universitas Konkuk pada 2017, Jin melanjutkan studi untuk S-2 di Universitas Hanyang.

Jisung WANNAONE

Jisung WANNAONE. (Koreanheaven)

Leader Wanna One ini juga tetap mementingkan pendidikan. Pada Desember 2017 lalu, dia melanjutkan ke jenjang magister di Universitas Dongguk dan mengambil jurusan Digital Image and Content. Sebelum ini, lelaki yang lahir pada 8 Maret 1991 silam itu berhasil meraih gelar sarjana di Universitas Myongji jurusan Film dan Musik.

Wah salut banget deh sama mereka yang tetap mementingkan pendidikan di tengah kesibukan kariernya. Pekerjaan memang penting, tapi pendidikan semestinya tetap menjadi prioritas utama ya, Millens. Setuju? (IB18/E04)