Cara Mudah Bedakan Jam Tangan Asli dan <em>KW</em>
Ilustrasi jam tangan bermerek. (Edifice-watches)

Cara Mudah Bedakan Jam Tangan Asli dan KW

Selain menunjukkan waktu, fungs jam tangan pun berkembangan menjadi item fesyen yang menunjang penampilan. Banyak orang yang kemudian berburu jam tangan bermerek supaya terlihat berkelas. Eits, awas kalau palsu ya!

Inibaru.id – Bagi masyarakat kelas menengah atas, jam tangan nggak hanya berfungsi menunjukkan waktu. Jam tangan berubah menjadi item fesyen yang patut dipertimbangkan dalam penampilan. Karena itu, banyak orang yang membeli jam tangan berkelas seperti Rolex, Swiss Army, Casio, dan Alexandre Christie supaya terlihat memukau.

Namun, daya beli jam berkelas tersebut cukup memberatkan bagi sebagian orang karena harganya mencapai jutaan. Para produsen nakal pun memanfaatkan hal ini dengan membuat produk tiruan yang mirip aslinya. Nggak jarang produk KW itu dijual seharga produk asli untuk mendulang keuntungan bagi penjual.

Nah, biar nggak tertipu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, Millens. Cek hal-hal berikut sebelum memutuskan jam tangan itu.

Nomor Seri dan Tipe

Setiap tipe jam tangan dari suatu merek tertentu pasti memiliki nomor seri. Nomor tersebut sudah tercetak secara resmi dan internasional di lembaga terkait. Kamu bisa mengeceknya melalui internet. Selain itu, pastikan juga nomor serial pada gelang jam tangan cocok dengan nomor serial pada kotak jam tangan tersebut. Kalau berbeda, kemungkinan jam tangan tersebut adalah imitasi alias KW.

Detikan Jarum Jam

Hal yang dapat membedakan jam tangan asli dan palsu adalah suara detikan jarum jam. Jam tangan mahal pasti didesain desainer terkenal. Mereka biasanya menggunakan ratusan komponen berkualitas dan sempurna di dalam produk jam tangan. Inilah yang membuat detik jarum jam bergerak dengan halus, bahkan sampai nggak terdengar suaranya sama sekali. Kalau kamu nggak percaya, kamu dapat membandingkannya dengan jam tangan palsu.

Detail Fisik

Selain nomor seri dan detikan jarum jam, kamu bisa menemukan perbedaan jam tangan asli dari detail fisik. Perbedaan ini bisa terlihat dari bahan, warna, fitur, dan fungsinya. Jam tangan asli dibuat dengan mesin canggih yang menghasilkan kualitas fisik yang sempurna. Bila ada satu kesalahan, biasanya produsen nggak akan menjual barang tersebut. Jadi, telitilah ketika memperhatikan setiap sudut pada jam. Jika terdapat sesuatu yang nggak presisi atau cacat, sudah pasti jam tersebut merupakan produk KW.

Harga

Harga adalah salah satu faktor penting untuk membedakan jam tangan asli dan KW. Harga jam tangan KW biasanya nggak lebih dari setengah harga dari jam tangan asli. Salah satu contoh, jam tangan orisinal merek Swiss Army harganya mencapai 3 jutaan, jam imitasinya hanya berkisar 500 ribu sampai 1 jutaan.

Adanya Garansi

Produk jam tangan asli biasanya dilengkapi dengan garansi resmi dari pihak produsen. Kalau jam tangan yang akan kamu beli nggak memiliki garansi, bisa saja jam tangan tersebut KW.

Nah, itulah cara mudah membedakan jam tangan asli dan KW. Jadi, jangan sampai salah beli ya, Millens. (IB07/E04)