Ban Mobil Berwarna Hitam dan Tisu Toilet Berwarna Putih, Kenapa?

Ban Mobil Berwarna Hitam dan Tisu Toilet Berwarna Putih, Kenapa?
Kenapa tisu berwarna putih ya? (Gettyimages)

Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa benda-benda di tempat umum berwarna tertentu, misalnya ban mobil berwarna hitam? Ternyata, pemilihan warna tersebut punya tujuan tertentu, lo. Penasaran?

Inibaru.id - Pada 1935, di bawah arahan Kantor Pos Inggris, Sir Giles Gilbert Scott menyempurnakan boks telepon K2 buatan 1920 menjadi lebih ramping dan ringan. Boks yang dikenal sebagai Kiosk 6 (K6) itu menjadi salah satu simbol paling ikonik di Inggris, sampai sekarang.

Satu hal yang menarik dari boks itu adalah warnanya yang merah terang. Ini pula yang menjadikan boks yang sempat dipasang di seluruh tempat di Inggris tersebut begitu populer. Lantaran menjadi fasilitas umum, warna tersebut dipilih untuk memudahkan orang melihatnya.

Yap, seperti K6, banyak barang di sekitar kita yang dibuat dengan warna tertentu untuk alasan khusus. Apa saja?

1. Pesawat Komersil Selalu Berwarna Putih

Pesawat komersial yang berwarna putih. (Pixabay/MichaelGaida)
Pesawat komersial yang berwarna putih. (Pixabay/MichaelGaida)

Hampir semua pesawat komersil dicat dengan warna putih. Nggak sembarangan, putih dipilih karena warna tersebut memantulkan cahaya matahari. Dengan demikian, kerusakan badan pesawat akibat paparan sinar matahari bisa diminimalisasi.

Warna putih juga dapat mencegah pesawat mengalami overheating atau panas berlebihan karena sifatnya yang memantulkan cahaya. Nggak hanya itu, warna putih pada pesawat juga dapat mempersingkat waktu pendinginan pesawat saat diparkir di bandara

2. Ban Mobil Selalu Hitam

Karbon membuat warna ban menjadi hitam. (Pixabay/ E Bouman)
Karbon membuat warna ban menjadi hitam. (Pixabay/ E Bouman)

Tahukah kamu, karet yang digunakan untuk memproduksi ban mobil atau kendaraan lainnya sebenarnya berwarna putih? Namun, karet ini berubah warna menjadi hitam karena produsen telah menambahkan karbon di dalamnya. Hal ini dilakukan supaya ban karet lebih tahan lama.

Karbon hitam berfungsi meningkatkan kekuatan dan ketahanan dengan menghantarkan panas dari ban. Selain itu, warna hitam juga bisa melindungi ban dari sinar matahari.

3. Merah-Kuning-Hijau-nya Lampu Lalu Lintas

Warna pada lampu lalu lintas dipilih bukan tanpa alasan. (Funnel.fi)
Warna pada lampu lalu lintas dipilih bukan tanpa alasan. (Funnel.fi)

Sudah menjadi rahasia umum kalau lampu lalu lintas berwarna merah berarti berhenti, kuning untuk tanda hati-hati, dan hijau berarti boleh jalan. Namun, kenapa tiga warna itu yang dipilih?

Warna merah memberikan jarak pandang paling jauh dari semua warna. Jadi, pengendara bisa melihatnya dari jarak jauh dan bisa bersiap-siap lebih awal untuk berhenti.

Sementara, kuning memiliki gelombang yang sedikit lebih pendek dari warna merah, tapi lebih baik dari hijau. Pebandingan panjang gelombang inilah yang membuat pergantian warna dari kuning ke hijau dan sebaliknya menjadi lebih jelas.

4. Warna Hitam-Putih pada Zebra Cross

Seperti hewan zebra, zebra cross juga berwarna hitam dan putih. (Pixabay/ 3844328)
Seperti hewan zebra, zebra cross juga berwarna hitam dan putih. (Pixabay/ 3844328)

Warna hitam dan putih terlihat kontras dan mudah terlihat dari kejauhan. Dengan warna ini, zebra cross bisa memberi para pengendara waktu yang cukup untuk mengurangi kecepatan mereka. Dengan demikian, ini bisa menyediakan tempat bagi para pejalan kaki untuk menyeberang.

5. Bus Sekolah Berwarna Kuning

Bus sekolah berwarna kuning untuk keamanan. (Pixabay/ 

ebpilgrim)
Bus sekolah berwarna kuning untuk keamanan. (Pixabay/  ebpilgrim)

Warna kuning dipilih untuk bus sekolah dengan alasan keamanan. Cat kuning dan hitam yang kontras akan membuat bus lebih mudah dikenali anak-anak sekolah, khususnya pada pagi hari, saat bus menjemput mereka.

Nggak hanya itu, warna kuning pada bus sekolah akan membuat pengendara lain melihat lebih jelas bus sekolah saat hari mulai gelap. Hal ini bisa meminimalisasi terjadinya kecelakaan.

6. Bola Sepak yang Berwarna Hitam-Putih

Bola sepak yang berwarna hitam dan putih. (Pixabay/ AnnRos)
Bola sepak yang berwarna hitam dan putih. (Pixabay/ AnnRos)

Pada mulanya, bola sepak dicat dengan warna putih. Kemudian, Adidas mengubahnya menjadi hitam-putih agar terlihat jelas saat menyaksikan pertandingan sepak bola di televisi. Ini terjadi karena, pada zaman dulu, televisi hanya berwarna hitam dan putih.

7. Putihnya Tisu Toilet

Tisu toilet berwarna putih karena alasan ekonomis. (Gettyimages)
Tisu toilet berwarna putih karena alasan ekonomis. (Gettyimages)

Berbeda dengan benda yang lain, sebenarnya nggak ada alasan khusus tisu toilet berwarna putih. Bahkan, nggak hanya tisu toilet, tisu dapur, tisu basah, hingga tisu untuk wajah pun juga berwarna putih.

Dalam proses pembuatannya, tisu diberi pemutih atau di-bleaching. Jika melewatkannya, kertas akan berwarna kecokelatan. Sementara, tisu yang berwarna-warni bakal menambah biaya produksi. Maka, tisu berwarna putih murni lantaran alasan ekonomi. Wah!

Nah, jadi tahu kan kenapa barang-barang itu diwarnai demikian? Mana warna favoritmu, Millens? (MG27/E03)