Megahnya Curug Cantel di Kabupaten Tegal

Megahnya Curug Cantel di Kabupaten Tegal
Keasrian Curug Cantel di Bumijawa, Tegal. (Travelingyuk)

Masih asri dan airnya cukup tinggi, Curug Cantel yang dikelilingi bebatuan berlumut ini megah dan layak masuk dalam daftar objek wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Tegal.

Inibaru.id – Berbicara soal pesona air terjun yang ada di Jawa Tengah memang nggak ada habisnya. Hampir setiap air terjun memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing. Curug Cantel di Tegal ini juga unik dan menarik untuk dikunjungi. 

Curug ini berlokasi di Desa Gedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, tepat di kaki gunung Slamet. Air terjun dengan ketinggian mencapai 60 meter itu dikelilingi tumbuhan liar serta bebatuan yang berlumut. Karena tinggi, dasar sungai di bawah aliran Curug Cantel cukup dalam dan airnya terlalu deras sehingga nggak direkomendasikan untuk berenang apalagi melompat.

Curug ini tidak direkomendasikan untuk menjadi tempat berenang karena licin dan curam. (Wisata-tanahair)

Kendati begitu, kamu masih bisa kok bermain air di sekitar aliran curug. Kalaupun nggak bermain air, derai air yang jatuh dari ketinggian cukup membuat pikiran rileks dan tenang, kan?

Oiya, air terjun yang menjulang tinggi juga cocok sebagai latar belakang fotomu, Millens. Sedikit saran, kalau pengin dapat foto bagus, ambillah dengan sudut pandang frog eye atau dari sudut bawah, ya. Eits, tapi perlu berhati-hati ya karena bebatuan di sekitar curug lumayan licin.

Jalur menuju ke Curug Cantel yang berundak dan licin. (Travelingyuk)

Anyway, jalur menuju curug ini lumayan ekstrem. Lokasi curug yang berada jauh dari permukiman warga mengharuskanmu berjalan menyusuri bukit dan hutan untuk mencapai curug ini. Kamu juga harus menyeberangi sungai dengan bebatuan yang licin. Cocoklah buat kamu yang berjiwa petualang.

Untuk masuk ke curug, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5 ribu per orang. Kalau kamu menggunakan kendaraan, siapkan juga uang Rp 5 ribu untuk parkir.

Tentang fasilitas, jangan khawatir! Di sana sudah ada warung yang menjajakan makanan dan kudapan. Kalau ada bujet lebih, kamu nggak perlu ribet bawa bekal, beli saja di warung sekitar. Oiya, pastikan baterai kamera dan gawaimu penuh supaya bisa mengabadikan keelokan Curug Cantel ini. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan! (IB23/E04)