Di Persawahan Dusun Ketingan, Burung-Burung Bangau Hinggap dan Terbang
Burung-burung bangau ini sudah "akrab" dengan petani di sawah. (Instagram)

Di Persawahan Dusun Ketingan, Burung-Burung Bangau Hinggap dan Terbang

Ribuan bangau hinggap di Dusun Ketingan, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Sekilas, bangau-bangau itu mungkin bakal mengingatkanmu pada beberapa cerita dari Jepang. Mungkin pula, suasana itu akan membawamu pada angan-angan gimana rasanya terbang.

Inibaru.id – Pencinta dan peneliti burung rasanya perlu singgah ke Dusun Ketingan jika sedang berada di Yogyakarta. Dusun ini memiliki pemandangan indah yang nggak biasa lantaran menjadi persinggahan burung-burung bangau. Kamu bisa mengamati mereka dari balik tanaman padi atau menara.

Menilik sejarahnya, burung-burung ini datang dan menetap sejak 1997. Kala itu, Sri Sultan Hamengkubuwono X baru saja meresmikan gapura dusun. Burung-burung bangau ini lantas membuat sarang di sana.

Nggak pengin tanaman-tanaman di persawahan rusak, warga sempat melakukan pelbagai cara untuk mengusir mereka.

Burung-burung bangau di dusun ini sudah menetap sejak 1997, lo. (Banten)

Alih-alih pergi, ribuan burung bangau datang dengan jumlah yang lebih banyak. Menyaksikan mereka nyaman di Dusun Ketingan, warga akhirnya justru ikut merawat. Anak-anak burung bangau yang terjatuh dari sarangnya akan dibesarkan sebelum akhirnya dilepaskan ke kelompoknya.

Sembari mengamati ribuan burung bangau, kamu bisa melakukan kegiatan lain, lo. Di Dusun Ketingan, kamu bisa belajar bertani, memasak makanan dan minuman khasnya, serta berlatih keseniannya. Hayo, kapan kamu ke sana? Biaya murah kok, kamu hanya perlu membayar Rp 75 ribu, lo.

Hm, kalau ke sana, jangan lupa bawa kamera juga ya. Burung-burung ini terlalu sayang untuk nggak diabadikan. Sebelum memotret, pastikan baterainya penuh ya. Selamat berburu kenangan! (IB06/E03)