Biar Tetap Segar, Panggang Sayuran dengan Cara Ini
Tips memanggang sayuran. (Viva)

Biar Tetap Segar, Panggang Sayuran dengan Cara Ini

Saat barbekuan, sayuran sangat enak kalau dipanggang bersama daging. Namun, sebagian orang khawatir nutrisi dalam sayuran akan hilang bila dipanggang. Supaya hal itu nggak terjadi, coba ikuti cara berikut.

Inibaru – Barangkali banyak orang yang setuju kalau mengolah sayur itu lebih mudah daripada mengolah daging. Bahan makanan ini terbilang fleksibel untuk diolah dengan cara apapun termasuk dipanggang. Namun, sebagian orang khawatir nutrisi yang ada dalam sayur bisa luntur bila dipanggang.

Nggak perlu khawatir, asal cara memanggangmu sesuai dengan anjuran, nggak bakal hilang kok nutrisi dalam sayur itu. Bagi yang belum tahu caranya, simak tips-tips berikut ya!

Perhatikan Jenis Sayuran

Nggak semua jenis sayuran enak dimasak dengan cara dipanggang. Sayuran yang enak dipanggang bisa dilihat dari teksturnya yang padat dan juicy seperti tomat, jamur, paprika, jagung, dan bawang bombay. Sementara, sayuran yang nggak cocok dipanggang adalah sayuran dengan kadar air yang tinggi seperti mentimun, seledri, dan sayuran berdaun hijau.

Lama Memasak

Setiap sayuran memiliki waktu memasak yang berbeda-beda. Saat memanggang, sebaiknya gabungkan jenis sayuran yang teksturnya mirip sehingga kamu bisa mengira lama memasaknya. Sebagai contoh, panggang secara bersamaan kentang dan wortel yang punya tekstur keras.

Perhatikan Suhu Panas

Untuk beberapa jenis sayuran dengan tekstur yang lembut dan lembek, temperatur rendah dan waktu pemanggangan yang lama sangat disarankan. Kendati begitu, Foodbeast seperti dikutip Katuju.id menulis temperatur tinggi nggak berarti dilarang, lo. Memanggang dengan temperatur antara 204 hingga 218 derajat celsius bisa membuat rasa manis terlepas secara alami dan memberikan tekstur renyah pada sayuran.

Potong dengan Ukuran yang Sama

Saat memanggang berbagai jenis sayuran dalam satu wadah, sebaiknya potong sayur dengan ukuran yang sama. Pemotongan secara seragam ini bertujuan agar sayuran matang merata.

Aduk dengan Minyak

Sebelum meletakkan sayuran pada panggangan, taruh sayur pada mangkuk terlebih dulu. Kemudian, tuang satu sendok minyak pada mangkuk tersebut. Aduk sayuran hingga benar-benar terlumuri minyak. Kalau sudah terlumuri minyak, selanjutnya kamu bisa memindahkan sayuran pada panggangang langsung dengan tangan.

Cukup banyak ya aturan memanggang sayuran, Millens. Kalau boleh tahu, kamu biasanya pakai cara yang gimana, sih? (IB24/E04)