Unggahan di Media Sosial Bisa Picu Anoreksia

Penyakit anoreksia yang diderita sebagian orang mesti muncul karena sejumlah faktor. Salah satu faktor penyebab anoreksia yakni pengaruh media sosial tentang bentuk tubuh ideal.

Unggahan di Media Sosial Bisa Picu Anoreksia
Ilustrasi penyebab anoreksia. (Shutterstock/Africa Studio )

Inibaru.id –  Nama anoreksia barangkali sudah sering terdengar di telingamu. Salah satu jenis gangguan makan ini kerap dibicarakan akhir-akhir ini. Para penderita biasanya adalah mereka yang terlalu terobsesi dengan bentuk badan yang ideal.

Penderita anoreksia akan mengonsumsi makanan dengan porsi sangat terbatas. Pola makan mereka menyimpang dan berbahaya seperti diet ekstrem, meminum obat-obatan pelangsing, hingga memuntahkan makanan yang telah dimakan dengan sengaja.

Penyakit ini muncul bukan dengan tanpa alasan, Millens. Ada beberapa penyebab yang mendasari anoreksia nervosa timbul dan mengubah pola kehidupan normal seseorang. Hal ini diduga berkembang dari campuran fisik, emosional, dan pemicu sosial seperti ditulis laman Halodoc (16/1/2019).

Nah, salah satu hal yang bisa mengakibatkan anoreksia adalah unggahan di media sosial tentang penggambaran tubuh ideal. Seseorang yang ideal digambarkan dengan tubuh yang ramping dan tentunya berat badan yang ideal bahkan kurang dari itu.

Penggambaran itu yang mengacaukan pola pikir masyarakat. Mereka yang memiliki berat badan berlebih cenderung membenci diri sendiri dan melakoni sejumlah diet ketat. Bahkan ada pula yang sampai memuntahkan makanan demi nggak terlihat gendut.

Selain itu, anoreksia juga bisa dipengaruhi gen keluarga. Bila keluargamu ada yang memiliki riwayat anoreksia, bisa jadi kamu terkena gangguan serupa.

Anoreksia juga bisa muncul karena kombinasi dari ciri-ciri kepribadian tertentu seperti kepercayaan diri yang rendah, perfeksionisme, dan tekanan budaya sosial tempat penderita tinggal. Seseorang dengan kepercayaan diri yang rendah akan sangat rentan terkena anoreksia karena mereka sangat membenci tampilan diri sendiri. Mereka pun berusaha mencapai target untuk mendapatkan kesempurnaan dengan berbagai cara, sekalipun ekstrem.

Gangguan ini juga bisa muncul karena faktor tantangan masa remaja. Kehidupan yang penuh masalah, stres, atau pindah ke lingkungan baru bisa saja memicu anoreksia.

Semoga sobat Millens terbebas dari anoreksia, ya. Memiliki tubuh indah memang menyenangkan, tapi memiliki tubuh sehat jauh lebih penting. Eits, tapi jangan sampai obesitas, ya! (IB07/E04)