Island Hopping di Karimunjawa, Sekali Dayung Empat Pulau Terlampaui

Island Hopping di Karimunjawa, Sekali Dayung Empat Pulau Terlampaui
Island hopping di Karimunjawa. (Instagram/Paketwisatakarimunjawamurah)

Mengunjungi beberapa pulau di Karimunjawa dalam sehari? Bisa banget! Caranya, dengan island hopping!

Island Hopping di Karimunjawa, Sekali Dayung Empat Pulau Bisa Terlampaui!

Inibaru.id – Untuk kamu yang pengin menjelajah keindahan pulau-pulau di Karimunjawa, Jawa Tengah, tapi nggak punya banyak waktu, island hopping adalah solusinya. Berwisata dari satu pulau ke pulau yang lain dalam waktu yang singkat sangat mungkin kamu lakukan di sini.

Memiliki daratan seluas 1.500 hektare dan perairan yang membentang sejauh 110 ribu hektare, Kepulauan Karimunjawa termasuk salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Kepulauan yang berada di utara Pulau Jawa ini terdiri atas 27 pulau besar maupun kecil. Lima pulau di antaranya berpenghuni, sedangkan pulau lainnya hanya menjadi tujuan wisata.

Snorkeling adalah salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan saat <i>island hopping </i>di Karimunjawa. (Ardriankarimunjawa)
Snorkeling adalah salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan saat island hopping di Karimunjawa. (Ardriankarimunjawa)

Jarak antarpulau di Karimunjawa terhitung dekat. Karena itulah, sangat mungkin bagimu untuk menjelajah sejumlah pulau di Karimunjawa sekaligus dalam waktu yang singkat.

Pepatah “Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui” bisa kamu buktikan dengan island hopping!

Banyak hal yang bisa kamu lakukan saat berkunjung dari satu pulau ke pulau lainnya. Hal yang paling sering dilakukan adalah snorkeling. Yap, dengan laut yang masih bening dan ekosistem terumbu karang yang masih terjaga, snorkeling adalah pilihan yang sangat menjanjikan.

Selain snorkeling, kamu juga bisa mengunjungi penangkaran hiu yang ada di sejumlah pulau sekitar Karimunjawa. Sekadar menikmati sunset beralaskan pasir putih di pulau yang masih asri juga bisa jadi pilihan buatmu.

Pantai Ujung Gelam adalah spot terbaik untuk menikmati sunset di Karimunjawa. (Agenwisatakarimunjawa)
Pantai Ujung Gelam adalah spot terbaik untuk menikmati sunset di Karimunjawa. (Agenwisatakarimunjawa)

Pulau yang bisa kamu kunjungi saat island hopping di Karimunjawa, di antaranya Pulau Taka Cendok, Pulau Geleang, Pulau Cemara Kecil, dan Pulau Gosong Cemara yang berada di barat Pulau Karimunjawa.

Bila pengin menjelajah wilayah timur, kamu bisa mengunjungi Pulau Gosong Sloka, Pulau Cilik, dan Pulau Tengah. Sementara, di selatan, ada juga Pulau Menjangan Besar dan Menjangan Kecil yang jadi andalan karena menawarkan wisata penangkaran hiu.

Opsi Saat Island Hopping

Ada sejumlah opsi yang bisa kamu pilih bila hendak melakukan island hopping di Karimunjawa. Pertama, kamu bisa memanfaatkan jasa tour and travel.

Saat ini, sudah banyak agen perjalanan wisata yang menyediakan paket island hopping. Waktu yang ditawarkan biasanya satu hari (berwisata selama 8-9 jam). Dalam satu hari, kamu bisa singgah di empat sampai lima pulau.

Ikut <i>open trip island hopping</i> ke Karimunjawa. (Pelita Borneo Tours)
Ikut open trip island hopping ke Karimunjawa. (Pelita Borneo Tours)

Untuk rombongan berisi 15-17 orang, tiap orang akan dikenakan biaya mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 250 ribu. Bila kurang dari jumlah itu, biaya yang kamu tanggung pasti akan lebih besar.

Dengan biaya segitu, kamu mendapat fasilitas berupa perahu, pemandu wisata, peralatan snorkeling, makan siang, minuman, hingga dokumentasi, baik di darat maupun di air. Biaya tiket masuk objek wisata seperti penangkaran hiu biasanya nggak masuk dalam tarif tersebut.

Namun, kalau kamu memilih menggunakan jasa agen perjalanan wisata, kamu nggak bisa menentukan itinerary karena biasanya pihak agen sudah memiliki jadwal paten. Pulau yang dikunjungi pun nggak bisa asal kamu tunjuk.

Menyewa kapal secara pribadi bisa kamu pilih agar island hopping-mu lebih eksklusif dan nyaman. (Pesona Indonesia)
Menyewa kapal secara pribadi bisa kamu pilih agar island hopping-mu lebih eksklusif dan nyaman. (Pesona Indonesia)

Nah, bila pengin leluasa mengunjungi pulau, kamu bisa memilih opsi kedua yakni menyewa kapal secara pribadi. Sejumlah hotel di sana memiliki kapal yang bisa disewa. Biaya sewa kapal itu antara Rp 500 ribu hingga Rp 600 ribu (pergi-pulang).

Kamu juga bisa menyewa jasa pemandu dengan menambah biaya ekstra sebesar Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu. Bila butuh keperluan lain seperti perlengkapan snorkel, dokumentasi, dan konsumsi, kamu bisa menyewa atau membelinya secara terpisah.

Meski terkesan agak ribet, kamu akan lebih nyaman selama island hopping dengan opsi kedua karena bisa leluasa singgah di suatu pulau selama yang kamu mau. Kamu juga nggak diburu waktu seperti halnya saat menyewa jasa agen perjalanan wisata. Pilihan ada di tanganmu, Millens!

Island hopping di Karimunjawa sangat menarik dilakukan, lo. Ayolah segera tentukan tanggal dan opsi island hopping sesuai kebutuhanmu. (IB03/E03)

Tags :