Yuk, Nyeleneh Bareng di Festival Lima Gunung 2018

Yuk, Nyeleneh Bareng di Festival Lima Gunung 2018
Salah satu pertunjukan di Festival Lima Gunung 2017. (goni.co.id)

Mau cari hiburan sekaligus tradisi yang membumi? Yuk datang ke Festival Lima Gunung di Magelang ini.

Inibaru.id – Sobat Millens pengin liburan dalam waktu dekat tapi bingung mau ke mana? Coba saja datang ke festival budaya yang satu ini. Yap, Festival Lima Gunung.

Festival Lima Gunung akan kembali diselenggarakan pada 20-22 Juli 2018. Lokasinya berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu lo. Tepatnya di Dusun Wonolelo, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang.

Fyi, Festival Lima Gunung pertama kali diadakan pada 2002. Nama festival itu mengacu pada lima gunung yang mengelilingi Kabupaten Magelang. Lima gunung itu yakni Merapi, Merbabu, Sumbing, Menoreh, dan Andong.

Anak-anak juga ikut terlibat dalam Festival Lima Gunung. (komunitaslimagunung.blogspot.com)

Dalam festival itu akan ada banyak kegiatan budaya yang menarik untuk diikuti. Hm, sudah terbayang bagaimana keseruan acaranya?

Pedomanwisata.com menulis, diperkirakan 60 kelompok seniman akan berpartisipasi dalam Festival Lima Gunung 2018. Para seniman itu akan menampilkan berbagai pertunjukan seperti musik, tarian tradisional maupun kontemporer, karnaval budaya, instalasi seni berbasis alam, hingga peluncuran buku.

Keramaian di Festival Lima Gunung. (kompas.id)

Nggak hanya berasal dari lingkup Magelang saja, para seniman yang akan hadir juga berasal dari berbagai kota lain di Indonesia. Wah, bakal ramai banget nih.

Gratis tis tis

Menariknya lagi, festival itu nggak dipungut biaya alias gratis! Oya, kamu juga nggak perlu risau soal tempat menginap. Kamu boleh lo menginap di rumah warga sekitar. Yap, mereka memang sengaja menyediakan rumahnya sebagai penginap para pengunjung Festival Lima Gunung.

Salah satu tarian dalam Festival Lima Gunung. (komunitaslimagunung.blogspot.com)

Awalnya, festival ini diadakan untuk mempererat tali silaturrahmi semua lapisan masyarakat di lima gunung.

Hingga sekarang, mereka masih menampilkan pertunjukan tradisi yang telah diobrak-abrik menjadi sangat jenaka dan menghibur. Semuanya tampil nyeni dan nyleneh.

Nah, tahun ini Festival Lima Gunung telah memasuki usia 17 tahun. Sudah pasti akan semakin meriah. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk siap-siap datang ke Festival Lima Gunung 2018! (IB10/E05)