Yuk, Berkenalan dengan 5 Batara dalam Pewayangan Jawa Ini!

Yuk, Berkenalan dengan 5 Batara dalam Pewayangan Jawa Ini!
Batara Guru. (Wikiwand)

Dalam pewayangan, nggak hanya ksatria yang menjadi tokoh utama. Pada beberapa cerita, dewa dan dewi juga menjadi bagian dari kisah ini. Nah, inilah 5 batara yang cukup sering diceritakan dalam pewayangan.

Inibaru.id – Wayang adalah salah satu kesenian yang masih eksis hingga kini. Meski pergelaran wayang sudah nggak sesering dulu, kesenian ini masih diminati segelintir orang.

Dari kesenian ini pula, masyarakat mengenal sosok populer seperti Arjuna. Nah, selain Arjuna, ternyata ada banyak dewa yang kesaktiannya luar biasa, lo. Yuk, kulik lebih jauh siapa saja mereka.

Batara Baruna

Batara Baruna adalah Dewa Air yang muncul dalam tiga lakon berjudul Rama Tambak, Arjunasasra Cangkrama Samodra, dan Pendadaran Siswa Sokalima.

Dalam lakon-lakon tersebut, Batara Baruna digambarkan sebagai sosok yang murah hati. Dia memiliki kendaraan berwujud raksasa bernama Makana.

Batara Candra

Sebagai Dewa Bulan, Batara Candra memegang peran yang penting bagi masyarakat Jawa. Dari dewa ini pula, muncul kepercayaan di masyarakat bahwa gerhana adalah fenomena dimakannya sang dewa oleh makhluk halus berwujud kepala yang dulunya adalah sosok Ditya Rembuculung.

Untuk membantu mengusir makhluk halus ini, masyarakat memukul lesung yang konon adalah bagian tubuh Ditya Rembuculung. Hm, ada-ada saja ya.

Batara Kuwera

Tinggal di Kahyangan Gudapala, Batara Kuwera memiliki kekayaan yang luar biasa. Batara Kuwera adalah Dewa Perlindungan bagi umat manusia.

Dari dewa ini pula, manusia bisa mendapatkan petunjuk dan pahala. Selain menjadi Dewa Perlindunga, Batara Kuwera rupanya simbol kesejahteraan juga, lo.

Batara Basuki

Selain Batara Baruna, Batara Candra, Batara Kuwera, ada pula Batara Basuki. Batara Basuki adalah Dewa Keselamatan. Dalam pagelaran wayang, tokoh ini dimunculkan dalam sosok Prabu Baladewa.

Batara Wisnu

Batara Wisnu adalah putra mahkota Kerajaan Tribuana. Lahir dari orang tua bernama Sang Hyang Manikmaya dan Dewi Umaya, Batara Wisnu adalah simbol keadilan dan kesejahteraan. Dalam beberapa lakon, Batara Wisnu diceritakan memiliki kesaktian bisa berubah wujud hingga menghidupkan orang mati.

Dari kelima dewa tersebut, menurut kamu, siapa yang paling sakti, Millens? Karena sebagian tokoh jarang muncul, nggak heran agak sulit menemukan wayangnya. Sosok mereka biasanya digantikan oleh wayang lain ketika sang dalang bercerita. Kalau pengin mengoleksi tokoh-tokoh ini, pesan saja langsung ke produsennya ya. (IB15/E03)