Berniat Menikahi Perempuan Jawa? Siapkan Pernak-pernik Seserahan Ini, ya!

Berniat Menikahi Perempuan Jawa? Siapkan Pernak-pernik Seserahan Ini, ya!
Bukan sekadar pemberian, seserahan juga jadi simbol kesungguhan lelaki untuk menikah. (Aninditatanjung.wordpress)

Dalam beberapa tradisi, seserahan menunjukkan kelas sosial seseorang, tapi nggak demikian dengan tradisi pernikahan Jawa, meski beberapa barang dalam hantaran seserahan tetap saja nggak boleh ketinggalan.

Inibaru.id - Dalam pernikahan adat Jawa, seserahan menjadi "buah tangan" yang wajib dibawa mempelai lelaki untuk calon istrinya. Secara umum, nggak ada aturan khusus barang apa saja yang harus dibawa, karena yang paling penting barang itu disukai mempelai perempuan.

Pemberian yang kerap disebut peningset itu juga mengandung makna keseriusan sang lelaki untuk menikahi sang perempuan. Maka, kendati nggak ada aturan khusus, beberapa barang ini sebaiknya nggak kamu lewatkan saat berniat melamar, kalau calon istrimu adalah orang Jawa. Apa saja?

Cincin Emas

Cincin menjadi bagian dari seserahan yang mungkin perlu kamu pertimbangkan. (Obellery)

Nggak ada aturan seberapa berat perhiasan yang harus kamu kasih ke calon istrimu. Namun, lantaran emas adalah perlambang harapan agar senantiasa bersinar, nggak ada salahnya kamu menyediakan bujet khusus untuk membeli perhiasan emas, minimal sebentuk cincin.

Sandangan dan Alat Salat

Seperangkat alat salat dan sandangan menjadi bagian dari seserahan. (Weddingku)

Dalam seserahan adat Jawa, sandang biasanya berupa kain jarik dan kebaya. Nah, kamu bisa membelikan itu. Kamu juga bisa menambahkan baju tidur, baju pesta, bahkan baju kerja, serta sandal dan sepatu. Konon, ini merupaka ejawantah dari "istri adalah pakaian bagi suami".

Selain pakaian luar, mempelai lelaki juga menyertakan pakaian dalam ke dalam seserahan sebagai perlambang agar istri menjaga kehormatan suami. Kemudian, bagi yang beragama Islam, seperangkat alat solat juga bisa disertakan sebagai simbol landasan keluarga beragama.

Alat Bersolek

Alat kosemetik penting dalam seserahan. (Alexandra.bridestory)

Untuk membuat istri selalu tampak cantik dipandang, kamu juga perlu menyediakan alat bersolek. Nah, peralatan ini perlu kamu sertakan dalam seserahan.

Kalau nggak tahu jenama favorit alat kosmetik calon istrimu, nggak ada salahnya bertanya, daripada pernikahan runyam karena kamu salah pilih alat mekap! Ha-ha.

Selain alat kosemetik, kamu bisa juga menambahkan produk perawatan kulit atau skin care. Sekali lagi, tanyakan produk yang biasa dia gunakan, karena hal tersebut sangat pribadi. Ini juga penting kamu lakukan untuk lebih mengenal pasanganmu.

Jajan Pasar

Jajan pasar juga nggak boleh ketinggalan, ya! (Ichadiyah.blogspot)

Terakhir, yang nggak boleh ketinggalan adalah jajan pasar. Sejumlah jajanan yang digunakan dalam seserahan biasanya memiliki rasa yang manis dan lengket, misalnya madu mongso atau wajik. Kedua penganan itu menjadi harapan agar pernikahanmu selalu mesra dan manis.

Nah, sudah siap dengan semua barang ini? Seserahan dalam tradisi Jawa itu nggak harus mahal. Eits, tapi kalau punya duit, nggak ada salahnya kasih yang terbaik. Kan buat calon istri! Ha-ha. (MG25/E03)