Yang Mesti Kamu Tahu tentang Gobak Sodor

Yang Mesti Kamu Tahu tentang Gobak Sodor
Permainan Gobak Sodor harus terus dilestarikan. (Inibaru.id/ Audrian F)

Gobak Sodor adalah permainan tradisional yang dimainkan di beberapa daerah dengan nama yang berbeda. Selain asal usul yang menarik, banyak informasi lain yang layak untuk dikulik. Apa saja ya?

Inibaru.id - Kalau kamu lahir setelah dekade 90-an, mungkin nggak terlalu tahu soal permainan tradisional yang satu ini. Namanya, Gobak Sodor.

Di sejumlah daerah, Gobak Sodor memiliki beragam nama. Kalau di Jawa Barat disebut Galah Asin (Galasin) dan di Makasar dengan Main Asing. Masyarakat Jawa Tengah menyebutnya Gobak Sodor. Nah, biar nggak bikin bingung dideklarasikanlah Gobak Sodor dengan nama nasional Hadang.

Awalnya di tiap daerah memiliki cara permainan yang berbeda tapi nggak terlalu mencolok.

Gobak Sodor dilombakan di Porwakos Semarang. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Gobak Sodor dilombakan di Porwakos Semarang. (Inibaru.id/ Audrian F)

Sekarang, aturan sudah disamakan, Millens. Seperti yang dijelaskan Firman Fahmi selaku penggerak Komite Permainan Olahraga Tradisional (KPOTI) Jawa Tengah.

Gobak Sodor bisa dimainkan di mana saja. Panjang lapangan 15 meter dan lebar 9 meter. Kemudian area tersebut dibagi 6 petak dengan ukuran masing-masing petak 4,5x5 meter. Batas lapangan bisa pakai kapur atau tali rafia. Simpel, bukan?

“Tujuan utama dari Gobak Sodor adalah melewati pemain lawan. Kalau sudah melewati bisa dapat poin. Kelincahan dan ketangkasan sangat dibutuhkan untuk memnangkan permainan ini,” ujarnya.

Gobak Sodor memiliki banyak manfaat. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Gobak Sodor memiliki banyak manfaat. (Inibaru.id/ Audrian F)

Fahmi juga membeberkan kalau Gobak Sodor memiliki banyak manfaat. Melatih ketangkasan, kecepatan, hingga mampu meningkatkan kekuatan tubuh merupakan manfaat-manfaatnya. Selain itu, bermain Gobak Sodor bisa menumbuhkan kepedulian sosial.

Asal-usul mengenai Gobak Sodor pun juga memiliki beberapa versi. Misalnya saja kalau di Jawa Barat yang menyebutnya dengan Galah Asin, berasal dari sebutan antara gunung dan laut.

Jadi ceritanya kalau orang ke gunung orang-orang bilang, "Galaaa" terus kalau ke laut bilangnya "Asin”. Esensinya adalah agar orang selalu ramah dan saling sapa terhadap siapa saja.

Bermain Gobak Sodor bisa menumbuhkan kepedulian sosial. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Bermain Gobak Sodor bisa menumbuhkan kepedulian sosial. (Inibaru.id/ Audrian F)

Sementara untuk istilah Gobak Sodor, konon berasal dari Go Back Through the Door yang memiliki arti “kembali melewati pintu”. Namun karena orang Indonesia sulit mengucapkannya, namanya menjadi Gobak Sodor.

"Sebetulnya itu masih diteliti. Kami masih mencari tahunya lebih dalam," tandas Fahmi

Nah, jadi itu adalah serba-serbi seputar permainan Hadang atau Gobak Sodor, Millens. Kamu sudah pernah memainkannya? (Audrian F/E05)