Wayang Sada, Wayang Unik dari Batang Lidi

Wayang Sada, Wayang Unik dari Batang Lidi
Wayang sada buatan Marsono. (foto.tempo.co)

Biasanya wayang terbuat dari kulit atau kayu. Hm, bagaimana dengan wayang yang terbuat dari lidi?

Inibaru.id – Sobat Millens tentu sudah nggak asing dengan jenis-jenis wayang seperti wayang kulit, wayang golek, hingga wayang orang. Bagaimana dengan wayang sada?

Wayang yang satu itu terbuat dari batang lidi. Penciptanya adalah Marsono Hadi Wardoyo, seorang warga Desa Bejiharjo, Kabupaten Gunungkidul.

Hobi Marsono membuat wayang sudah terlihat sejak dia masih menjadi siswa SD. Meski ekonomi keluarganya terbatas, dia nggak kekurangan akal. Marsono memanfaatkan rumput liar dan batang daun singkong untuk membuat wayang.

Hobi itu terbawa hingga dia memiliki anak. Laki-laki 69 tahun itu pertama kali membuat wayang sada pada 2011.

Marsono bersama wayang karyanya. (kabarhandayani.com)

Menariknya, Marsono yang kini mengelola sebuah panti asuhan itu mengajak anak-anak asuhnya ikut andil sejak pertama membuat wayang sada. Hm, sekalian melestarikan budaya nih.

Hingga kini, sudah ada sekitar 50-an tokoh wayang yang dibuat Marsono lo. Wayang-wayang itu biasa menjadi buah tangan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata sekitar tempat tinggalnya. Misalnya Gua Pindul.

Pentas Wayang Sada

Nggak hanya mahir membuat wayang, Marsono pun jago memainkan wayang-wayang buatannya. Setiap harinya, dia mengadakan pentas di area Gua Pindul.

Jadwalnya pun terbagi menjadi beberapa sesi dari pagi hingga sore hari. Setiap satu sesi berlangsung sekitar dua hingga tiga jam.

Marsono juga mementaskan wayang buatannya. (foto.tempo.co)

“Sengaja saya padatkan agar anak muda nggak bosan,” ungkap Marsono pada insanwisata.com (31/5/2017).

Nah, kalau Sobat Millens penasaran pengin menonton pementasan wayang sada karya Marsono, datang saja ke Gua Pindul. Selain menonton wayang, kamu juga bisa sekalian wisata ke sana tuh. Eits, jangan lupa beli wayang sada untuk oleh-oleh keluarga di rumah ya! (IB10/E05)