Tradisi Unik dari Desa Pokak saat Upacara Bersih Desa di Sendang Sinongko Klaten

Tradisi Unik dari Desa Pokak saat Upacara Bersih Desa di Sendang Sinongko Klaten
Tenong menjadi tempat khusus untuk digunakan masyarakat dalam ritual bersih desa di Sendang Sinongko. (Solopos)

Pemotongan ratusan kambing di tepi Sendang Sinongko merupakan tanda dimulainya serangkaian acara bersih desa!

Inibaru.id – Bersih desa merupakan upacara tradisi yang masih diselenggarakan rutin oleh masyarakat Indonesia. Biasanya, masing-masing daerah memiliki tata caranya tersendiri untuk melaksanakan upacara bersih desa ini, seperti yang digelar di daerah Pokak, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten ini.

Sendang Tirto Sinongko di Desa Pokak yang menjadi titik kumpul warga untuk melaksanakan upacara bersih desa. (klatenlokasi.blogspot)

Nah, upacara bersih desa di daerah tersebut dilaksanakan di daerah Senang Sinongko. Upacara tahunan tersebut digelar saban Jumat Wage saat memasuki musim kemarau.

Sudarto, salah seorang sesepuh desa, dikutip dari RRI (28/7/1017), ritual diadakan di sendang Sinongko karena sendang itu menjadi sumber pengairan bagi sawah milik warga sekitar yang luasnya mencapai puluhan hektare.

"Ini merupakan ungkapan rasa syukur atas keberhasilan panen warga yang menggunakan sumber air di Sendang Sinongko,” tuturnya.

Salah satu tanda dimulainya prosesi ritual bersih desa ini adalah dengan pemotongan ratusan ekor kambing hasil swadaya masyarakat. Selain itu, ada juga arak-arakan budaya seperti karnaval dan pentas seni.

Kaum perempuan mendapat bagian untuk menata makanan dan sesaji dalam tenong pada prosesi ini. (Kompas)

Oya Millens, upacara yang diselenggarakan setelah salat Jumat ini lazimnya juga dibarengi dengan makan bersama oleh masyarakat serta pengunjung desa yang menyaksikan ritual. Selain itu, ada sebagian hidangan yang sengaja disisihkan, ditaruh tenong dan dibungkus daun pisang untuk diletakkan di bawah pohon tempat pemotongan kambing.

Wah, boleh juga tuh jadi agenda kunjungan ke Klaten! Itung-itung bisa nonton pentas seni sekaligus makan gratis! Ha-ha (IB23/E03)