Tradisi Natal yang Unik di Berbagai Penjuru Dunia

Natal nggak selalu identik dengan salju atau perayaan-perayaan biasa. Di negara-negara ini, Natal juga dirayakan dengan sentuhan kearifan lokal sehingga terlihat unik dan menarik.

Tradisi Natal yang Unik di Berbagai Penjuru Dunia
Perayaan Natal di Nigeria. (Gx)

Inibaru.id – Setiap 25 Desember, masyarakat Kristiani pasti merayakan Natal. Namun, perayaan Natal di lain kota atau lain negara nggak melulu sama, Millens. Perayaan Natal di setiap negara biasanya disesuaikan dengan budaya setempat sehingga unik dan berbeda dari perayaan Natal biasanya. Berikut adalah perayaan Natal yang unik dan menarik dari berbagai negara di seluruh dunia sebagaimana ditulis Kompas.com, Minggu (17/12/2017).

Argentina

Suasana perayaan Natal di Argentina. (Villageiagassue)

Di Argentina, perayaan Natal sangat meriah karena di setiap rumah dipenuhi dengan hiasan lampu dan karangan bunga berwarna putih dan merah di depan pintu. Kemeriahan ini bahkan sudah dimulai jauh sebelum Hari Natal, tepatnya sejak 8 Desember. Di tanggal itulah umat Kristiani mengenang hari saat Maria diberi tahu dirinya mengandung bayi Yesus.

Pada malam Natal, keluarga akan mengadakan makan malam bersama yang menyediakan daging kalkun panggang, babi panggang, puding Pan Dulce dan Panetone, serta roti Natal. Setelah itu, tepatnya di tengah malam, mereka juga akan menyalakan kembang api demi memeriahkan malam Natal.

Nigeria

Perayaan Natal di Nigeria. (Reuters/Stringer)

Negara di Benua Afrika ini juga merayakan Natal. Namun, perayaan di Nigeria lebih intim karena hanya dirayakan bersama keluarga. Mereka berkumpul atau mengadakan pesta sepanjang malam di dalam rumah yang telah didekorasi. Jalanan juga ramai dengan hiasan Natal. Barulah di pagi harinya masyarakat pergi beribadah ke Gereja.

Vietnam

Masyarakat Vietnam punya tradis berbagi cokelat saat Natal. (Bgsyudi)

Negara tetangga satu ini rupanya juga memiliki tradisi unik dalam merayakan Natal, lo. Hal ini karena masih kuatnya pengaruh dari negara yang menjajahnya dulu Perancis. Bahkan, warga Vietnam terbiasa memberikan hadiah Natal berupa makanan dan kue cokelat berbentuk panjang bernama "Reveillon” atau “Buche de Noel” yang sangat kental dengan kultur Perancis.

Sri Lanka

Tradisi warga Sri Lanka dalam merayakan Natal. (AFP/Lakruwan Wanniarachchi)

Mayoritas penduduk Sri Lanka memang beragama Budha. Namun Hari Natal di sana juga dijadikan hari libur. Lebih menarik lagi karena perayaan Natal justru jatuh pada 1 Desember. Nggak cuma jalanan yang dihiasi dengan ornamen-ornamen Natal yang meriah, banyak pusat perbelanjaan yang dilengkapi dengan pohon Natal berukuran besar. Pada 2016, Sri Lanka juga memecahkan rekor pohon Natal tertinggi, lo.

Australia

Natal di Australia jatuh di musim panas sehingga banyak warga yang merayakannya di pantai. (Shimizu)

Negara tetangga di bagian selatan Indonesia Australia malah merayakan Hari Natal saat musim panas. Hal ini karena letak Australia di belahan Bumi selatan sehingga saat Desember datang, suhu udara di sana lebih hangat.

Warga setempat biasanya memasang karangan bunga di depan pintu rumah dan memasang pohon Natal serta dekorasi lampu di dalamnya. Mereka juga bermain kriket di halaman belakang rumah agar perayaan Natal makin meriah.

Banyak perayaan Natal yang unik dan menarik dari setiap negara ya, Millens. Kalau di daerahmu, ada kebiasaan apa sih saat Natal tiba? (IB09/E04).