Tradisi Warga Wonogiri Jelang Paskah, Menapak Tilas Jalan Salib di Gunung Gandul

Menjelang Paskah, sejumlah ritual dijalani penganut Nasrani, salah satunya Jalan Salib yang dilangsungkan pada Jumat Agung. Masyarakat Wonogiri memperingatinya dengan napak tilas menuju puncak Gunung Gandul, simbol dari Bukit Golgota, tempat Yesus disalib, yang dilangsungkan tiap tahun. Seperti apa prosesinya?

Tradisi Warga Wonogiri Jelang Paskah, Menapak Tilas Jalan Salib di Gunung Gandul
Prosesi Jalan Salib menuju puncak Gunung Gandul Wonogiri. (Simomot)

Inibaru.id - Minggu Paskah dan prosesi sebelumnya (Pra-Paskah) menjadi perayaan penting yang dinantikan pengikut Nasrani di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Di Wonogiri, salah satu prosesi yang selalu digelar tiap tahun adalah napak tilas "Jalan Salib" ke Gunung Gandul.

Jalan Salib (Via Dolorosa) adalah jalan yang dilalui Yesus menuju tempat penyaliban di Bukit Golgota, Yerusalem. Nah, warga Wonogiri menjadikan Gunung Gandul seumpama Golgota. Berduyun-duyun, umat Nasrani bakal berjalan sejauh tiga kilometer menuju puncak gunung tersebut.

Prosesi Jalan Salib dilakukan pada Jumat Agung atau dikenal sebagai hari kematian Yesus Kristus. Laiknya jalan salib di pelbagai tempat, warga Wonogiri juga menggambarkan kisah penderitaan Yesus menuju lokasi penyaliban dengan aksi teatrikal yang dimulai sejak pagi.

Drama tersebut diperankan oleh para pemuda dan dilaksanakan dengan berjalan sejauh tiga kilometer menuju puncak Gunung Gandul. Nggak hanya diikuti penganut Nasrani, masyarakat yang berbeda keyakinan pun turut serta dalam prosesi yang selalu berlangsung meriah tersebut.

Oya, perlu kamu tahu, bagi penganut Nasrani, Paskah dan rangkaian peristiwa sebelumnya merupakan perayaan penting yang kerap disebut festum festorum atau perayaan dari semua perayaan. Maka, tak heran kalau di mana-mana prosesi ini mendapatkan perhatian besar dari masyarakat.

Hm, menarik ya, Millens! Dengan menjadi bagian dari tradisi di Wonogiri ini, banyak hal yang bisa kamu petik, lo, mulai dari kesedihan yang dialami umat Nasrani hingga semangat toleransi yang ditampilkan masyarakat Wonogiri. Tertarik ke sini? (IB23/E03)