Tiga Tradisi Lebaran Ini Bakal Dirindukan Tahun Ini

Tiga Tradisi Lebaran Ini Bakal Dirindukan Tahun Ini
Tradisi mudik nggak bisa dilakukan oleh banyak orang di Lebaran tahun ini. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Pandemi corona membuat Lebaran tahun ini berbeda dari Lebaran-lebaran biasanya. Beberapa tradisi ini nggak akan mudah kita temui sebagaimana di tahun-tahun sebelumnya.

Inibaru.id – Kementerian Agama RI menetapkan 1 Syawal 1441 H jatuh pada Minggu (24/5/2020). Itu artinya, hanya dalam hitungan jam kamu sudah bisa merayakan Hari Raya Idulfitri tahun ini. Hanya, Lebaran tahun ini sepertinya memang ngak akan sama dengan Lebaran-lebaran di tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh Pandemi corona yang masih sulit dikendalikan di Indonesia.

Demi memutus rantai penularan Covid-19 di Indonesia, pemerintah memberlakukan berbagai macam kebijakan, termasuk pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa daerah. Masyarakat pun nggak mudah melakukan perjalanan ke luar kota. 

Hal ini membuat beberapa tradisi yang biasa kita temui di Hari Lebaran nggak akan bisa ditemui di Lebaran tahun ini. Yuk simak daftar tradisi yang akan kita rindukan.

Mudik

Mudik dilarang oleh pemerintah. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Mudik dilarang oleh pemerintah. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Bicara tentang Lebaran nggak akan afdal bila nggak ngomong masalah mudik. Yap, tradisi mudik sangat lekat dengan Lebaran. Kalau di Tiongkok mudik dilakukan saat menjelang Imlek, mudik di Indonesia dilakukan menjelang Lebaran. Para pemudik biasanya akan memadati stasiun, pelabuhan, terminal, bahkan bandara sejak beberapa hari sebelum Lebaran. Pemudik kemudian akan pulang ke perantauan masing-masing setelah Lebaran.

Hanya, karena pandemi Corona, pemerintah memutuskan untuk melarang masyarakat untuk mudik. Kebijakan ini tentunya diambil demi memutus mata rantai penularan Covid-19. Sayangnya, meski sebagian orang memilih untuk nggak mudik, masih ada banyak orang yang memaksakan diri melakukannya. 

Takbir Keliling

Tahun ini takbir keliling ditiadakan. (Islam.nu)
Tahun ini takbir keliling ditiadakan. (Islam.nu)

Malam Lebaran di Indonesia selalu dirayakan dengan suka cita. Dalam kondisi normal, orang-orang akan keluar rumah dan merayakannya dengan berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang mengisi malam Lebaran yakni takbir keliling. Para pemuda dan anak-anak kampung biasanya akan melakukan takbir keliling baik dengan cara jalan kaki ataupun naik mobil bak terbuka. Sembari memukul bedug dan bertakbir, para rombongan takbir keliling ini juga seringkali membunyikan mercon untuk memeriahkan suasana.

Hanya, tradisi ini sepertinya nggak akan ada tahun ini. Hal ini disebabkan oleh larangan masyarakat untuk berkerumun demi mencegah penularan virus corona.

Halalbihalal

Tradisi halalbihalal saat Lebaran. (Antara foto/Aditya Pradana Putra)
Tradisi halalbihalal saat Lebaran. (Antara foto/Aditya Pradana Putra)

Tradisi halalbihalal juga nggak kalah identik dengan tradisi mudik saat Lebaran di Indonesia. Halalbihalal adalah acara silaturahmi dengan kegiatan saling meminta maaf baik dengan keluarga besar, teman sekolah, ataupun tetangga satu kampung. Momen halalbihalal ini sering juga dimanfaatkan sebagai ajang reuni sekolah atau teman-teman yang jarang bertemu sebelumnya.

Namun, tahun ini kegiatan halalbihalal mesti ditunda dulu. Ini sesuai dengan anjuran pemerintah untuk nggak berkerumun.

Pasti sedih, ya Millens karena Lebaran tahun ini nggak seramai Lebaran biasanya. Namun, demi menjaga kesehatan diri dan orang-orang tercinta, sebaiknya tunda dulu keinginan untuk melakukan ketiga tradisi Lebaran itu ya! (Min/IB03/E07)