Terbuka untuk Umum, Berikut Ini Agenda Klenteng Tay Kak Sie Jelang Imlek

Terbuka untuk Umum, Berikut Ini Agenda Klenteng Tay Kak Sie Jelang Imlek
Dua orang pengelola Klenteng Tay Kak Sie membenahi bagian-bagian Klenteng. (Inibaru.id/ Audrian F)

Nggak terasa Tahun Baru Imlek bakal menyapa. Segala persiapan menyambut tahun baru dilakukan Klenteng Tay Kak Sie Kota Semarang. Kira-kira apa saja ya acara yang bakal digelar?

Inibaru.id - Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek, Klenteng Tay Kak Sie berbenah. Beberapa bagian klenteng tampak diperbaiki dan dipercantik untuk menggelar sejumlah acara peribadatan.

Sebetulnya rangkaian acara sudah dilaksanakan pada Sabtu (11/1) lalu. Sebagaimana tradisi yang sudah-sudah, segenap pengurus Klenteng Tay Kak Sie membagikan ribuan angpao kepada lansia. Menurut Andre Wahyudi, Sekretariat dari Klenteng Tay Kak Sie tercatat ada 1.500 lansia. Banyak ya?

“Acara menjelang Imlek sudah kami lakukan sejak Sabtu lalu. Namun masih banyak lagi. Kali ini sebetulnya kami sedang bersih-bersih klenteng,” tutur Andre saat ditemui di Klenteng Tay Kak Sie pada Rabu (15/1) siang.

Klenteng Tay Kak Sie siap menyambut Tahun Baru Imlek. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)<br>
Klenteng Tay Kak Sie siap menyambut Tahun Baru Imlek. (Inibaru.id/ Zulfa Anisah)

Nah, acara-acara berikutnya juga dalam beberapa hari ke depan juga bakal berlangsung. Setiap orang bisa hadir di acara ini karena terbuka untuk umum. Apa saja ya acara yang bakal diadakan?

Doa Bersama Membuka Pasar Imlek

Andre mengungkapkan kalau pembukaan Pasar Imlek akan dimulai dari Klenteng Tay Kak Sie. Tentunya akan didahului dengan doa bersama pada Jumat (17/1) besok. Tema Pasar Imlek Semawis tahun ini adalah “Potehi”. Pasti seru ya, Millens?

Ibadah Pekong Naik

Ibadah Pekong Naik adalah sembahyang untuk mengantarkan para dewa-dewi untuk naik ke surga. Ibadah ini akan dilaksanakan pada Sabtu (18/1) pukul 4 sore.

“Kami meyakini kalau beliau para Dewa-Dewi yang suci ini sedang berada di altarnya masing-masing. Pada Ibadah Pekong Naik nanti, kami akan menghantarkannya ke surga untuk bertemu Tuhan,” ujar Andre.

Para pengelola Klenteng Tay Kak Sie beristirahat di sela-sela kegiatan. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Para pengelola Klenteng Tay Kak Sie beristirahat di sela-sela kegiatan. (Inibaru.id/ Audrian F)

Bersih-Bersih Patung

Ritual bersih-bersih patung ini dilaksanakan setelah Ibadah Pekong Naik. Maksud dari ritual ini adalah untuk menghormati para Dewa-Dewi yang akan turun kembali ke Bumi. Kalau kamu mau menyaksikan ritual ini datang saja pada Minggu (19/10). Ritualnya akan dilaksanakan pada pukul 08.00 pagi.

Sembahyang Bersama Sebelum Imlek

Kemudian ritual ibadah selanjutnya adalah ibadah bersama. Ritual ini akan dilaksanakan pada malam sebelum Imlek yaitu Jumat (24/1). Sembahyang bersama ini untuk mengucap syukur menghadapi tahun yang baru.

Pekerja bangunan pun didatangkan untuk membenahi Klenteng Tay Kak Sie. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Pekerja bangunan pun didatangkan untuk membenahi Klenteng Tay Kak Sie. (Inibaru.id/ Audrian F)

Kata Andre, rangkaian acara ini memang sama dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Memang nggak ada perayaan lain, semua masih dalam tradisi saja. Kami nggak ingin mengganggu kumpulnya keluarga. Nantinya masih ada ibadah buka tahun pada tanggal 26, kemudian Pekong Turun. Terus masih ada Cap Go Meh,” tandasnya.

Kalau kamu pernah ikutan ritual yang mana nih, Millens? (Audrian F/E05)