Persiapan Matang Sebelum Nonton Sendratari Ramayana, Apa Saja?

Persiapan Matang Sebelum Nonton Sendratari Ramayana, Apa Saja?
Ramayana Ballet. (Discoveryourindonesia)

Menonton pertunjukan seni memerlukan persiapan matang. Ini dilakukan biar kamu nggak ketinggalan sedikit pun jalan ceritanya.

Inibaru.id – Menonton Sendratari Ramayana adalah salah satu kegiatan yang harus kamu lakukan saat berkunjung ke Yogyakarta. Selain di Candi Prambanan, kamu juga bisa menonton epos dari India ini di Purawisata yang berada di Jalan Brigjen Katamso.

Nah, kalau kamu memilih menontonnya di Candi Prambanan, ada beberapa hal perlu kamu perhatikan.

Jadwal Pertunjukan

Sendratari Ramayana, atau bagi wisatawan internasional disebut “Ramayana Ballet Prambanan”, biasanya digelar setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. Pertunjukan dimulai pukul 19.30 dan berakhir pukul 21.30 WIB. Supaya nggak lupa, catat jadwalnya ya.

Waktu dan Jarak Tempuh

Sebagai kota pariwisata, Yogyakarta memiliki lalu lintas yang cukup padat. Pada jam-jam tertentu, kota ini juga mengalami macet yang cukup panjang. Nah, kalau kamu mau nonton, pertimbangkan juga waktu dan jarak yang kamu tempuh ya.

Detail Lokasi Pertunjukan

Lokasi pertunjukan Sendratari Ramayana nggak persis berada di Candi Prambanan. Kalau kamu naik Trans Jogja dari Jalan Malioboro, pilihlah terminal akhir yang biasanya tiba pukul 18.10 WIB. Sesampai di sana, kamu bakal disambut tukang becak yang siap mengantarmu.

Naik becak bakal memudahkanmu tiba di sana. Tapi, mengingat jaraknya cukup dekat, kamu bisa jalan kaki sekitar lima menit. Setelah jalan kaki beberapa menit, kamu bakal melihat jembatan. Dari jembatan, ambillah arah kanan.

Lokasinya yang minim penerangan memang bikin pengunjung bingung. Jadi, sebaiknya perhatikan sekelilingmu karena akan ada petugas yang sesekali berteriak, “Ramayana”. Nah, di sanalah lokasi pertunjukan digelar.

Harga Tiket

Tiket terbagi menjadi empat kelas yaitu kelas 1, 2, VIP, dan VVIP. Tiket paling murah dijual dengan harga Rp 125 ribu. Kalau pengin mendapatkan tempat duduk paling nyaman, kamu perlu merogoh kocek sedalam Rp 400 ribu.

Camilan

Sebelum masuk, kamu boleh membawa camilan sebagai teman nonton. Nah, nggak jauh dari lokasi, terdapat restoran yang bisa kamu datangi.

Eh, setelah bawa camilan, jangan buru-buru dimakan ya. Berfotolah lebih dulu dengan tiga aktor yang menjadi tokoh-tokoh utama yaitu Hanoman, Rama, dan Sinta.

O ya, pengelola lokasi juga menyediakan layanan antar sampai pusat kota, lo. Kamu cukup membayar Rp 40 ribu saja untuk menggunakan layanan ini. Sebaiknya pesanlah sebelum pertunjukan dimulai supaya kebagian tempat.

Sudah siap menonton sendratari Ramayana? (IB15/E03)