Sederet Mitos yang Masih Dipercaya Orang Indonesia, Kamu Juga?

Sederet Mitos yang Masih Dipercaya Orang Indonesia, Kamu Juga?
Mitos yang masih dipercaya orang Indonesia, duduk di depan pintu kabarnya bikin susah jodoh. (Pexels/Zun Zun)

Ada sejumlah mitos yang masih dipercaya orang Indonesia. Meski terlihat nggak masuk akal dan nggak bisa dinalar secara logika, mitos ini masih sangat kuat dan diyakini. Jangan-jangan, kamu juga, nih, Millens.

Inibaru.id – Mengingat kita tinggal dengan budaya ketimuran yang sangat kental, wajar kalau ada sederet mitos yang masih dipercaya orang Indonesia. Meski terlihat aneh dan nggak masuk akal, tetap saja deh kita terus mempercayainya agar nggak terkena nasib buruk.

Nah, biar kamu nggak makin penasaran, ada kok sejumlah mitos yang masih diyakini orang Indonesia. Bisa jadi, orang tua kamu, teman kamu, atau bahkan kamu sendiri masih meyakininya dan nggak mau sembarangan melanggarnya. Nggak percaya? Simak deh daftarnya berikut ini.

Duduk di Depan Pintu Bikin Susah Dapat Jodoh

Kalau kamu masih jomblo, pasti bakal sering diberi tahu orang tua untuk nggak duduk di depan pintu. Katanya sih, ya, kalau kamu terbiasa melakukannya, bakal susah dapat jodoh, Millens.

Sebenarnya sih, ya kalau dipikir-pikir, mitos ini sangat nggak nyambung. Tapi, sejumlah orang menyebut duduk di depan pintu memang nggak baik karena bisa menghalangi orang lain yang sedang berjalan atau mau lewat. Nah, kabarnya, ancaman susah dapat jodoh ini agar orang yang ngeyel nggak mau segera menyingkir dari depan pintu ini bisa segera pindah.

Jadi, kalau kamu gerah sekalipun, sebaiknya nggak duduk di depan pintu, deh. Setidaknya, duduk di sisi di mana kamu nggak bakal menghalangi orang yang sedang lewat, ya?

Jangan Pakai Baju Hijau di Pantai Selatan Jawa

Bisa jadi, mitos yang masih dipercaya orang Indonesia ini adalah yang paling terkenal dan masih diyakini banyak orang. Jadi, kalau kamu main ke Pantai Selatan Jawa, khususnya di Pantai Parangtritis atau pantai-pantai di Yogyakarta, sebaiknya nggak pakai baju berwarna hijau, Millens.

Mitos yang masih dipercaya orang Indonesia: Memakai baju hijau di Pantai Selatan Jawa kabarnya bakal membuatmu
Mitos yang masih dipercaya orang Indonesia: Memakai baju hijau di Pantai Selatan Jawa kabarnya bakal membuatmu "ditarik" ke kerajaan gaib Nyi Roro Kidul. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Larangan ini terkait dengan cerita mitologi Nyi Roro Kidul yang merupakan Penguasa Laut Selatan. Kabarnya, kalau kamu memakai baju hijau, bakal dikira salah satu prajuritnya dan membuatmu “ditarik” ke alam kerajaan gaib tersebut.

Uniknya, mitos ini sebenarnya ada benarnya dari sisi sains. Kalau kamu tenggelam atau terseret ombak dengan baju hijau, agak sulit dilihat dengan mata telanjang jika dibandingkan dengan warna baju lainnya. Jadi, mitos ini boleh-boleh saja tetap diyakini, deh.

Kalau Menyapu Nggak Bersih, Jodohnya Brewokan

Anak-anak gadis yang menyapu nggak bersih kabarnya jodohnya nggak klimis alias brewokan. Hanya, kalau anak gadis zaman sekarang, kayaknya sih nggak bakal mempermasalahkannya ya? Maklum, sedang ngetren laki-laki brewokan yang cakep. Haha!

Jangan di Luar Rumah saat Maghrib

Kabarnya sih, maghrib adalah waktu di mana banyak mahluk halus berkeliaran dan bisa mencelakakan kamu. Bahkan, kamu pasti pernah mendengar cerita anak-anak yang nggak pulang gara-gara “diculik” mahluk halus karena di luar rumah saat maghrib.

Kalau yang ini sih, sepertinya agar anak-anak segera pulang, mandi, makan malam, dan belajar di rumah, nggak terus-terusan main, ya Millens.

Hm, ada lagi nggak nih mitos yang masih dipercaya orang Indonesia yang kamu tahu, Millens? (Boo/IB09/E05)