Yang Unik dari Sedekah Bumi Masyarakat Blora

Yang Unik dari Sedekah Bumi Masyarakat Blora
Warga mengumpulkan makanan saat acara tradisi sedekah bumi. (Tribunnews.com)

Nggak hanya berkumpul dan menyantap makanan bersama, warga Desa Kajengan juga membasuh wajah di sendang desa saat tradisi sedekah bumi. Konon, ritual tersebut dapat membuat awet muda.

Inibaru.id – Tradisi sedekah bumi banyak dijumpai di berbagai wilayah yang sebagian besar warganya berprofesi sebagai petani. Tujuannya mensyukuri semua berkah yang telah diberikan Tuhan. Nah, masyarakat di Desa Kajengan, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora juga menjalankan tradisi ini tepatnya setiap habis panen raya, Millens. Mereka menyebut tradisi tahunan ini dengan Gas Deso.

Acara sedekah bumi ini sangat dinantikan oleh semua kalangan masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang tua. Biasanya, acara ini juga dijadikan sebagai ajang berkumpul dan bersilahturahmi antar warga desa.

Dalam tradisi ini, hampir seluruh warga desa ikut menyumbangkan makanan yang berupa ambeng nasi dan lauk-pauk. Warga yang datang memanggul nasi bungkus dan buah-buahan hasil bumi dari rumah sampai ke lokasi. Sebelum disantap bersama, semua bawaan warga akan didoakan.

Membasuh Muka agar Awet Muda

Salah satu yang membedakan tradisi sedekah bumi di sini dan di tempat lain adalah ritual membasuh muka. Mereka percaya jika membasuh muka di sendang desa pada hari sedekah bumi, bisa membuat wajah tampak selalu awet muda. Wah!

Warga desa Kajengan dan sekitarnya sedang membasuh muka di sendang Kajengan, yang diyakini akan membuat wajah selalu bersinar atau awet muda. (Dok. Forum Blora)

Menurut Sugiyanto, Kepala Desa Kajengan, acara sedekah bumi ini nggak hanya sebagai bagian dari melestarikan tradisi dan kebudayaan lokal, tapi juga menjadi salah satu daya tarik wisata tersendiri bagi warga di luar desa.

"Seperti yang kita lihat saat ini, tidak hanya dari warga desa saja yang berbondong-bondong untuk melihat acara ini. Tapi banyak juga warga luar desa yang melihat acara ini," ungkapnya, seperti ditulis Memorandum.id, Senin, (16/4/2018).

Untuk menambah kemeriahan tradisi sedekah bumi, juga dipertontonkan kesenian daerah seperti barongan, wayang kulit, kethoprak, serta kesenian Tayub. Biasanya acara dilaksanakan mulai dari pagi sampai malam hari. Seru kan?

Yang lebih memupuk semangat gotong royong dalam tradisi ini adalah dilaksanakannya bersih desa yang dilakukan sehari sebelumnya. Seluruh warga akan bahu membahu membersihkan lingkungan desa. 

Kalau sedekah bumi di tempatmu seperti apa, Millens? (IB07/E05)