Gasing Sudah Jadi Mainan Tradisional Anak Nusantara Sebelum Indonesia Merdeka

Gasing telah dikenal sebagai salah satu mainan tradisional. Nggak hanya di Jawa Tengah, daerah-daerah lain pun memiliki mainan ini dengan bahan baku yang berbeda. Sebenarnya, sejak kapan sih gasing masuk Nusantara?

Gasing Sudah Jadi Mainan Tradisional Anak Nusantara Sebelum Indonesia Merdeka
Masyarakat Indonesia mengenal gasing sebelum zaman kemerdekaan. (Wikitionary)

Inibaru.id – Sebagai salah satu mainan tradisional, gasing memiliki sejarah yang cukup panjang. Nggak hanya ada di Indonesia, mainan ini juga ada di pelbagai negara. Para arkeolog memperkirakan mainan ini sudah ada sejak 3.500 SM. Bagaimana dengan gasing di Indonesia?

Perlu kamu tahu, gasing tertua diperkirakan berasal dari Irak, tepatnya di Kota Muqayyur. Kota yang lokasinya sekitar 300 kilometer dari Kota Baghdad ini menjadi tempat ditemukannya gasing yang terbuat dari tanah liat. Ini berbeda dengan Indonesia yang kebanyakan gasingnya berbahan baku bambu.

https://www.gadizalombok.com/wp-content/uploads/2019/07/20190710_164552.jpg

Nggak hanya dari kayu, gasing dibuat pula dari alumunium. (Gadiza Lombok)

Nggak ada sumber pasti yang menyebutkan kapan dan gimana gasing menjadi bagian dari sejarah permainan tradisional di Tanah Air. Di Sulawesi, masyarakat mengenal mainan ini sebelum masa kemerdekaan. Setali tiga uang, masyarakat Jawa Barat dan Kepulauan Riau pun meyakini, gasing sudah ada sejak Indonesia masih jadi Nusantara.

Satu Makna, Beda Nama

Di pelbagai daerah di Indonesia, gasing memiliki penyebutan yang berbeda-beda. Di Jateng dan DIY, permainan menggunakan gasing disebut gangsingan.

Agak mirip, masyarakat di daerah Kalimantan Timur menamakannya begasing, sedangkan orang Bali menyebutnya megangsing, cukup mirip dengan warga NTT yang mengatakan magasing.

Masyarakat Kalimantan Timur tengah begasing alias bermain gasing. (Satu-indonesia)

Sementara, jauh dari nama gasing, masyarakat di Jawa Timur lebih familiar dengan nama kekehan. Istilah ini menyebar hingga daerah perbatasan Jateng sebelah timur, di antaranya Blora.

Adapun masyarakat Sunda dan Betawi menyebut gasing sebagai panggal. Nama tersebut jauh berbeda saat menyeberang ke Lampung, karena masyarakat setempat menyebutnya pukang.

Yap, meski berbeda penyebutan, bentuk dan cara memainkan gasing di Indonesia terbilang mirip. Kalau di tempatmu, apa istilah untuk mainan ini, Millens? (IB06/E03)