Sambut Syawalan, Masyarakat Surakarta Gelar Pekan Syawalan Jurug

Sambut Syawalan, Masyarakat Surakarta Gelar Pekan Syawalan Jurug
Syawalan Jurug. (Jurugbonbinsolo.blogspot)

Pekan Syawalan Jurug adalah pekan tahunan yang diselenggarakan oleh Taman Satwa Taru Jurug. Untuk memeriahkan Syawalan, ada beragam acara menarik di sana. Slain acara-acara seru, taman ini juga biasanya menggelar kirab Joko Tingkir. Hm, seperti apa prosesinya?

Inibaru.id – Masyarakat Surakarta punya tradisi khusus menyambut Syawalan. Seminggu setelah Idulfitri, pengelola Taman Satwa Taru Jurug biasanya menggelar Pekan Syawalan Solo.

Acara ini menjadi salah satu gelaran yang ditunggu masyarakat setempat lantaran ada kirab Joko Tingkir yang memeriahkan pergelaran tersebut.

Pekan Swalayan Solo biasanya digelar selama lima hari. Dalam waktu lima hari, pengelola menampilkan atraksi menarik dari hewan-hewan di sana.

Syawalan Jurug. (Jurugbonbinsolo.blogspot)

Puncak acara ini berlangsung dengan digelarnya kirab Joko Tingkir pada hari terakhir. Setiap tahun, banyak kelurahan yang turut ambil bagian dalam prosesi ini. Penonton bakal disuguhi kisah-kisah menarik tentang sosok Joko Tingkir.

Usai pertunjukan, biasanya acara dilanjutkan dengan pembagian ketupat. Para pengunjung tentu saja boleh ikut “berebut” ketupat-ketupat ini.

Untuk tahun ini, pengelola Taman Satwa Taru Jurug punya agenda seru seperti tangkap ikan. Hm, kebayang semaraknya acara ini?

Syawalan Jurug. (Jurugbonbinsolo.blogspot)

Kamu yang sedang bingung mau Syawalan ke mana, nggak ada salahnya menjadikan Taman Satwa Taru Jurug sebagai tujuanmu. Liburan bersama keluarga akan jadi lebih menyenangkan, jadi, yuk, kunjungi Solo. (IB15/E03)