Ritual Ujungan, Duel Saling Pukul Agar Hujan Turun

Dua orang akan bertarung menggunakan rotan. Bukan untuk mencari siapa yang paling tangguh, melainkan untuk memohon agar hujan turun.

Ritual Ujungan, Duel Saling Pukul Agar Hujan Turun
Ritual Ujungan. (Budayajawa)

Inibaru.id – Millens, jangan salah sangka jika kamu melihat sekumpulan orang sedang menyaksikan pertarungan dengan menggunakan rotan di Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara. Itu karena bisa saja mereka sedang meneruskan budaya Ujungan.

Yap, Ujungan merupakan tradisi turun-menurun yang telah ada di desa tersebut. Ritual ini dilakukan untuk memohon hujan saat musim kemarau.

Dilansir dari Detik (20/9/2012), Ujungan merupakan ritual yang dilakukan dengan adu pukul antara dua orang dengan menggunakan sebilah rotan yang dilakukan sepasang laki-laki dewasa. Aturannya, adu pukul hanya boleh dilakukan pada bagian kaki!

Ritual Ujungan. (Damniloveindonesia)

Menurut Budi Sulistyo, Pembina dan Kepala Desa Gumelem, tradisi ini berawal dari kegelisahan para petani pada musim kemarau. Itu karena mereka membutuhkan air untuk mengairi sawahnya.

"Tradisi ini sudah 20 tahun lebih dan sudah turun-menurun. Biasanya ritual ini diadakan pada Jumat. Biasanya jika sudah diadakan sebanyak 3 kali dan ada peserta yang terluka serta keluar darahnya, akan turun hujan. Tapi ini kan kepercayaan, biasanya berhasil," kata Budi.

Yap, berdasarkan tradisinya, orang yang ikut ritual Ujungan harus bisa melukai lawannya hingga berdarah. Bagian yang boleh dipukul adalah antara paha ke bawah. Jika ada bagian paha ke atas yang terluka akan dipisahkan wasit.

Ritual Ujungan. (Aminbellet.blogspot)

Meskipun mereka harus bertarung, ritual adu pukul ini tetap menjunjung tinggi sportivitas dan persaudaraan. Yap, setiap pemain yang berani maju dan bertarung harus tetap mengikuti peraturan yang telah diberikan oleh seorang wasit.

Nggak cuma itu¸hal lain yang bikin ritual ini unik adalah unsur seni yang dilibatkan. Kamu bisa melihat perpaduan seni musik, tari, dan bela diri dalam ritual Ujungan.

Gimana, Millens, tertarik untuk menyaksikan ritual ini? Jangan lupa datang ke Banjarnegara saat musim kemarau tiba, ya! (IB06/E03)