Potret Ngabuburit di Indonesia. Mana Pilihanmu?

Apa saja sih yang dilakukan orang Indonesia untuk menunggu waktu berbuka puasa?

Potret Ngabuburit di Indonesia. Mana Pilihanmu?
Membeli takjil, salah satu pilihan ngebuburit orang Indonesia (shopback.co.id)

Inibaru.id – Kamu tahu nggak istilah ngabuburit itu berasal dari bahasa Sunda? Yap, ngabuburit berasat dari kata burit yang memiliki arti waktu siang menjelang malam alias sore hari. jadi, awalnya ngabuburit nggak ada kaitannya dengan bulan puasa karena bisa dilakukan kapan saja.

Nah, karena setiap sore pada ramadan orang selalu ingin menghabiskan waktu sore, maka istilah ini sering dipakai. Jadilah istilah ngabuburit populer sebagai aktivitas untuk menunggu datangnya berbuka. Orang-orang akan melakukan ngabuburit dengan berbagai macam kegiatan baik di dalam maupun di luar rumah. Apa saja sih contohnya?

Tadarus

Melansir laman Wisatabdg.com (06/2015), pada era 80-an, kegiatan ngabuburit didominasi oleh anak-anak dengan bermain layangan, kelereng, ular tangga, monopoli, ludo, dan lain-lain. Selain bermain, ada juga yang ngabuburit dengan tadarus Al Quran, mendengarkan ceramah, dan bakti sosial. Eit, sampai sekarang, masih banyak kok anak-anak yang tadarusan untuk mengisi waktu ngabuburitnya. Salut!

Anak-anak sedang bertadarus untuk menunggu waktu berbuka. (lembaranputih.hipwee.com)

Berburu takjil

Nggak jarang juga kita menemui orang-orang yang sedang membeli takjil atau makanan berbuka puasa seperti kolak pisang, es buah, gorengan, dan makanan ringan lainnya ketika sore hari tiba. Begitu banyak kegiatan yang dilakukan orang-orang untuk membunuh waktu menunggu bedug maghrib.

Warga Jakarta tengah membeli takjil untuk berbuka di pasar kaget Benhil. (tirto.id)

Konvoi motor

Untuk mereka yang bergabung dalam komunitas motor, konvoi mengelilingi kota merupakan keasikan tersendiri sembari menunggu waktu berbuka. Eits, jangan lupa memakai perlengkapan berkendara dan mematuhi peraturan lalu lintas yang ada ya.

Konvoi klub Motor. (motorexpertz.com)

Bermain game

Teknologi dan gawai yang semakin canggih membuat ngabuburit zaman now nggak perlu keluar rumah. Cukup dengan membuka tablet atau handphone kemudian membuka youtube, aplikasi chatting, serta bermain game online akan membuat waktu ngabuburitmu jadi nggak berasa.

Game yang dapat dimainkan untuk menunggu berbuka puasa. (loop.co.id)

Berjalan-jalan

Tapi kalau hanya menghabiskan waktu dengan gawai saja pasti akan terasa membosankan. Nah, kamu bisa nih berinteraksi dengan manusia secara langsung dengan jalan-jalan sore di taman atau bersepeda santai. Pasti bakal lebih asik deh.

Warga Kota Banjar tengah ngabuburit di Alun-alun kota. (radartasikmalaya.com)

Belanja kebutuhan lebaran

Jika bulan puasa sudah memasuki pertengahan bulan, banyak orang-orang yang menjadikan ngabuburit sebagai salah satu kegiatan belanja baju lebaran. Kawasan-kawasan mall dan pertokoan akan menjadi tempat favorit untuk menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa.

Seorang perempuan tengah melihat-lihat barang dagangan di bazar Bima (aboutcirebon.id)

Melihat kereta lewat

Ada-ada saja memang yang dilakukan orang Indonesia untuk ngabuburit. Contohnya di Pacitan, Jawa Timur. Banyak warga yang sengaja datang untuk menonton kereta api yang sedang melintas. Terus? Ya, sudah!

Banyak warga Pacitan yang sedang ngabuburit dengan menantikan kereta lewat. (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Wah, ternyata banyak banget ya kegiatan ngabuburit yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Kalau kamu ngabuburit dengan aktivitas apa nih, Millens(IB13/E05)