Ini Makna Buah-buahan Sajian Khas Imlek

Ini Makna Buah-buahan Sajian Khas Imlek
Buah sajian dalam perayaan Imlek. (sportourism.id)

Keberadaan aneka buah dalam perayaan Imlek ternyata nggak hanya sebagai hidangan pelengkap. Buah-buah tersebut memiliki makna mendalam bagi masyarakat Tionghoa. Mau tahu?

Inibaru.id – Salah satu sesaji yang selalu ada saat Imlek adalah buah-buahan. Kamu tahu nggak kalau setiap jenis buah itu memiliki arti khusus? Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut yuk!

1. Jeruk

Jeruk menjadi salah satu buah yang wajib ada saat perayaan Imlek. (Tribunnews.com)

Orang Tionghoa percaya jeruk menjadi simbol limpahan rezeki dan kebahagiaan. Biasanya, jeruk yang digunakan dalam perayaan Imlek adalah jeruk mandarin. Namun, ada juga jenis buah jeruk lain yang digunakan, yakni jeruk bali atau jeruk pomelo. Nah, untuk jeruk pomelo ini diyakini sebagai simbol kesatuan dalam keluarga.

2. Apel

Image result for fuji apple

Apel sebagai simbol keselamatan. (producegeek.com)

Dalam perayaan Imlek, buah yang satu ini dimaknai sebagai simbol keselamatan. Jadi, diharapkan bagi keluarga yang menyajikan buah ini akan mendapatkan keselamatan untuk satu tahun ke depan.

3. Pir

Pir sebagai simbol kemudahan. (lifestyle.okezone.com)

Buah yang satu ini menjadi simbol kemudahan. Artinya, ada pengharapan agar segala urusan dalam satu tahun ke depan dapat terselesaikan dengan baik dan lancar.

4. Delima

Buah delima. (magazine.job-like.com)

Delima adalah simbol keteladanan. Artinya, ada keyakinan bahwa setiap manusia harus bisa menjadi teladan bagi lingkungan sekitarnya.

5. Pisang

Buah Pisang. (idntimes.com)

Buah yang satu ini dapat diartikan sebagai simbol suka. Artinya, buah ini dijadikan pengingat sikap agar manusia dapat berbuat baik, sehingga kehadirannya disukai dan dinantikan oleh orang-orang di sekitarnya.

Menarik ya, Millens? Kalau kamu paling suka buah yang mana? (IB23/E05)