Meriah! Perayaan Lebaran Ketupat di Pulau Jawa dan Madura

Meriah! Perayaan Lebaran Ketupat di Pulau Jawa dan Madura
Lebaran Ketupat (rimanews.com)

Di Pulau Jawa kamu bakal menemukan daerah-daerah yang merayakan Lebaran Ketupat. Sudah tahu daerah mana saja?

Inibaru.id - Bagi Sobat Millens yang berasal dari Jawa, pasti sudah nggak asing lagi dengan Lebaran Ketupat. Perayaan yang diadakan pada hari ketujuh bulan Syawal ini bahkan lebih meriah dari Idul Fitri. Nah, mengutip kompas.com (11/6/2018) berikut ini beberapa daerah yang merayakan Lebaran Ketupat hingga saat ini.

1. Kudus

Lebaran Ketupat di Kudus. (murianews.com)

Di Kudus, Lebaran Ketupat dirayakan dengan prosesi kirab gunungan Seribu Kupat. Gunungan diarak dari rumah kepala desa setempat menuju Masjid Sunan Muria. Di sana, masyarakat berziarah dan mencuci anggota badan dengan dengan air dari gentong peninggalan Sunan Muria.

2. Jepara

Keseruan Lomban di Jepara. (murianews.com) 

Kamu nggak akan menyesal kalau datang ke pesta kupatan di Jepara. Dikutip dari lensapena.id (23/6/2018). Di sana akan dimeriahkan dengan berbagai lomba seperti menghias dan balap perahu. Yang nggak boleh terlewat adalah ritual adalah melarung kepala kerbau dan sesaji lainnya.

3. Magelang

Masyarakat berebut ketupat isi uang tunai pada Grebeg Ketupat Magelang 2018. (metrojateng.com)

Di Dusun Kauman, Desa Payaman, Magelang, warga akan merayakannya dengan Festival Balon Syawalan. Tema yang dibawa memang selalu berbeda, Millens. Dikutip dari liputan6.com (21/6/2018), tahun ini panitia membuat ketupat yang diisi uang untuk selanjutnya diperebutkan di akhir acara. Wah!

Trenggalek

Warga Trenggalek berebut ketupat. (jatim.antaranews.com) 

Di Kelurahan Kelutan, Trenggalek,  warga akan menggelar pawai gebyar Lebaran Ketupat. Ada berbagai kegiatan dalam pawai itu, mulai dari parade busana, kesenian tari daerah, penampilan marching band hingga pawai taaruf yang paling ramai disaksikan. Uniknya, hampir setiap rumah akan menyediakan hidangan ketupat gratis bagi warga yang menonton pawai maupun hanya lewat di jalan tersebut.

4. Pasuruan

Lomba skilot untuk memeriahkan lebaran ketupat di Pasuruan. (regional.kompas.com)

Berbeda dengan daerah lainnya, warga Desa Tambaklekkok, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan merayakan Lebaran Ketupat bukan dengan festival atau acara keagamaan, melainkan dengan menggelar lomba skilot. Yaitu permainan tradisional di mana para pesertanya beradu cepat dengan berselancar di atas lumpur. Caranya yaitu dengan menekuk satu kaki di atas papan selancar, sedangkan kaki lainnya digunakan untuk mengayuh papan.

5. Madura

Terater lebaran ketupat di Madura. (antaranews.com)

Pada tradisi yang disebut Terater itu, masyarakat Madura akan menyantap ketupat dengan opor atau ayam goreng. Bedanya, hidangan tersebut diserahkan terlebih dahulu kepada imam masjid atau dibawa ke mushala setempat sebelum disantap. Barulah setelah makanan terkumpul, warga akan menggelar doa bersama.

Wah! Menarik sekali ya. Bisa jadi rencana wisata tahun depan nih. (IB05/E05)