Pedati Ki Gede Pekalangan, Pedati Ter-Gede di Dunia

Pedati Ki Gede Pekalangan, Pedati Ter-Gede di Dunia
Pedati Ki Gede Pekalangan. (kopertraveler.com)

Cirebon menyimpan pedati bersejarah peninggalan kerajaan tempo dulu. Konon pedati itu merupakan yang terbesar di dunia.

Inibaru.id – Kota Cirebon punya banyak tempat penyimpanan benda bersejarah. Salah satunya berada di daerah Pekalangan. Di sana disimpan pedati milik Ki Gede Pekalangan, salah seorang tokoh penyebaran Islam di Cirebon. Pedati itu disebut-sebut sebagai pedati terpanjang di Indonesia bahkan di dunia lo.

Melansir laman sportourism.id (19/10/16), dua orang ahli kereta keraton, Chaerul Salam dan Elang Yusuf Dendbrata sepakat bahwa pedati Ki Gede Pekalangan dibuat dari kayu jati pilihan. Kendaraan yang ditarik dengan tenaga sapi itu dibuat pada abad 15 Masehi di masa pemerintahan Pangeran Walangsungsang.

Pada masa pemerintahan Sultan Cirebon kedua yang nggak lain adalah Sunan Gunung Jati, pedati itu masih digunakan untuk mengangkut bahan bangunan Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

Nggak cuma itu, pedati Ki Gede Pekalangan juga digunakan sebagai media dakwah Islam di wilayah Pantai Utara hingga ke Tegal.

“Manfaatnya ada dua pada masa itu. Pertama untuk mensyiarkan Islam dan yang kedua untuk mengangkut bahan bangunan pembuatan Masjid Agung Sang Cipta Rasa di Komplek Kasepuhan,” ujar Taryi, juru kunci pedati Ki Gede Pekalangan pada kabar-cirebon.com (19/10/17).

Ukuran Pedati

FYI, panjang pedati Ki Gede Pekalangan mencapai 15 meter dengan lebar 2,5 meter dan tinggi 3 meter. Roda pedati berjumlah 12 roda atau 6 pasang. Enam roda berdiameter 2 meter sedangkan enam roda lainnya berukuran lebih kecil yaitu 1,5 meter seperti ditulis sportourism.id (19/10/16).

Pedati itu menjadi yang terbesar di dunia. (cireboninsight.com)

Ukuran itu diketahui berdasarkan konservasi yang dilakukan pada 1993 oleh Herman de Vost, seorang mantan direktur museum kereta-kereta istana di Leiden, Belanda.

Sampai sekarang, komplek penyimpanan pedati Ki Gede Pekalangan masih ramai oleh pengunjung. Terutama mereka yang pengin napak tilas perjuangan Ki Gede Pekalangan sebagai salah seorang tokoh penyebaran Islam.

Nah, kalau kebetulan kamu sedang berada di Kota Cirebon, kamu bisa tuh sekalian mampir. Selain berwisata sejarah, kamu juga bisa wisata religi di sana. Komplet kan? (IB10/E05)