Pantangan Makan di Adat Jawa, Apa Saja?

Pantangan Makan di Adat Jawa, Apa Saja?
Pantangan makan di adat Jawa. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Ada sejumlah pantangan makan di adat Jawa. Kalau dilakukan, bisa berefek sulit jodoh atau hal-hal buruk lainnya. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Adat Jawa masih menjunjung tinggi banyak ritual, tradisi, norma, hingga pantangan. Yang menarik, ada pantangan makan di adat Jawa, lo. Namun, bukan berarti pantangan ini nggak boleh makan, ya. Melainkan berupa beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin mengonsumsi makanan.

Nah, biar nggak makin penasaran dengan pantangan makan di adat Jawa, yuk simak daftar pantangan ini?

Anak Gadis Dilarang Makan Sayap Ayam

Lo sayap ayam kan enak? Digoreng, dibakar, atau dijadikan bahan makanan lain, sayap ayam rasanya tetap juara. Tapi, katanya anak gadis nggak boleh memakannya, yo? Konon, kalau nekat melakukannya, bisa membuat mereka seret jodoh.

Meski hal ini sebenarnya adalah mitos yang belum tentu benar, banyak anak remaja yang nggak makan sayap ayam, khususnya yang perempuan. Alasannya sih karena di bagian sayap, banyak minyak dan lemaknya. Takutnya, bisa mempengaruhi hormon dan akhirnya jerawatan. Kalau sudah begini, beneran jodoh bisa jauh, sih. Haha.

Jangan Makan Brutu Ayam

Sejumlah makanan sebaiknya nggak asal dimakan seperti sayam dan brutu ayam. (Flickr/Frankyu - Silly Rabbit, Trix are for Kids)
Sejumlah makanan sebaiknya nggak asal dimakan seperti sayam dan brutu ayam. (Flickr/Frankyu - Silly Rabbit, Trix are for Kids)

Kabarnya sih, kalau makan brutu ayam, bisa bikin seseorang jadi pikun. Padahal, kalau ditilik dari sisi kesehatan, sama sekali nggak ada kaitannya sama sekali. Meski begitu, banyak orang yang nggak mau makan brutu ayam karena alasan jijik, sih.

Nah, soal nutrisi, brutu ayam sebenarnya tinggi nutrisi seperti protein, zat, besi, dan kalsium. Jadi, kalau kamu suka makan bagian ini, ya makan saja, Millens.

Jangan Makan di Depan Rumah

Kabarnya sih, kalau makan di depan rumah, bisa membuatmu susah jodoh dan seret rezeki. Hm, tapi, alasan sebenarnya, sebenarnya kurang sopan juga makan di depan rumah dan dilihat para tetangga atau orang yang lewat.

Kalaupun ingin makan di depan rumah, sebaiknya di halaman yang nggak bisa dilihat banyak orang ya, Millens. Jadi, kamu nggak segan deh.

Jangan Mengambil Makanan Sebelum Orang Tua Melakukannya

Kalau kamu makan duluan sebelum orang tua, bisa jadi rezeki kamu terhambat, lo. Kalau yang ini sih sebenarnya karena nggak sopan dan nggak menghormati orang tua kalau tetap dilakukan.

Kalau kamu, apakah tahu pantangan makan di adat Jawa atau lainnya, Millens?(Sua,det/IB09/E05)