Pantangan Ini Dipercaya Masyarakat Nggak Boleh Dilakukan di Malam 1 Suro

Pantangan Ini Dipercaya Masyarakat Nggak Boleh Dilakukan di Malam 1 Suro
Perayaan Malam 1 Suro. (Etnis.id/Dimas Sigit)

Konon, ada beberapa pantangan malam 1 Suro yang harus dipatuhi. Kalau nggak, bisa bikin sial atau mendatangkan bencana, lo Millens. Apa saja ya pantangan tersebut?

Inibaru.id – Selain tahun baru Masehi, masyarakat Indonesia juga mengenal tahun baru lainnya, yakni 1 Muharram atau juga dalam kalender Jawa dikenal sebagai 1 Suro. Di tahun baru ini, banyak masyarakat Jawa yang menganggapnya sebagai hari yang sakral. Bahkan, konon ada pantangan yang harus dihindari di malam 1 Suro agar nggak mudah terkena sial.

Memang, pantangan ini bisa dianggap sebagai mitos oleh banyak orang. Namun, kalau kamu masih mempercayainya, nggak ada salahnya kok tetap mematuhinya. Yuk, simak apa saja sih pantangan-pantangan tersebut.

Menggelar Hajatan

Ilustrasi: Hajatan di malam hari. (Tribratanews.demak.jateng.polri.go.id)
Ilustrasi: Hajatan di malam hari. (Tribratanews.demak.jateng.polri.go.id)

Sebagian masyarakat, khususnya yang ada di Pulau Jawa ternyata percaya jika menggelar hajatan atau berpesta di malam 1 Suro bisa menyebabkan hal buruk. Alih-alih berpesta, sebaiknya masyarakat berdiam, merenung, atau menyucikan diri di rumah.

Jenis hajatan yang biasanya dihindari di malam 1 Suro adalah sunatan atau pernikahan. Jika tetap dilanggar, dikhawatirkan bisa membawa sial atau bahkan musibah.

Pindah Rumah

Ilustrasi: pindah rumah (Tirto)<br>
Ilustrasi: pindah rumah (Tirto)

Kalau kamu pindah rumah di malam 1 Suro, dikhawatirkan bisa membawa kesialan. Bahkan, ada yang menyebut hal ini bisa membuat rumah tangga retak atau salah satu anggota keluarga meninggal. Konon, hal ini disebabkan oleh banyaknya hal-hal buruk yang mengikuti keluarga tersebut di rumah yang baru. Keliatannya kok seram juga, ya?

Keluar Rumah

Nggak hanya pindah rumah, kamu bahkan disarankan untuk nggak keluar rumah di malam 1 Suro. Banyak orang yang percaya kalau keluar di malam ini bisa membawa kesialan. Apalagi jika kamu keluar untuk bersenang-senang. Nggak hanya di malam 1 Suro, keesokan harinya, ada yang masih percaya harus tetap di rumah dan nggak keluar.

Arak-arakan kebo bule. (Rimanews)<br>
Arak-arakan kebo bule. (Rimanews)

Meski begitu, di Solo, Klaten, Sragen, Karanganyar, dan sekitarnya, pantangan ini sepertinya nggak berlaku. Bukannya hanya berdiam di dalam rumah, masyarakat justru akan menjejali kawasan Kraton untuk menyaksikan arak-arakan yang dihiasi oleh sapi ‘bule’. Bahkan, ada orang yang sampai berebut kotoran sapi tersebut karena dianggap membawa keberuntungan.

Di keluarga kamu, apakah masih mempercayai pantangan-pantangan malam 1 Suro ini, Millens? (Kum/IB09/E05)