Nonton Sajian Budaya? Inilah yang Harus Kamu Lakukan Biar Nggak Bikin Malu!

Nonton Sajian Budaya? Inilah yang Harus Kamu Lakukan Biar Nggak Bikin Malu!
Pertunjukan Tari Kecak di Pura Luhur Uluwatu, Bali. (Tripsavvy)

Nggak melulu ke bioskop, anak muda kini juga mulai melirik pergelaran seni atau festival tradisional sebagai sarana hiburan mereka. Kepedulian terhadap budaya itu muncul seiring dengan bertumbuhnya empati. Namun, jangan asal latah, menonton pertunjukan juga ada aturannya.

Inibaru.id – Sajian budaya seperti kirab, ritual, pergelaran, atau pawai mungkin saja menjadi hal yang disukai gebetanmu. Maka, mendekatinya dengan mengajak dia menyaksikan pergelaran itu mungkin pilihan yang tepat. Yeah, siapa tahu kalian bisa kian dekat! Ha-ha.

Namun, yang namanya prosesi budaya, bisa saja ada ritual atau tradisi yang menyertainya. Nah, biar nggak malu di depan gebetan, ada baiknya kamu memperhatikan hal-hal ini!

  1. Punya Jadwal Acara

Festival budaya biasanya memiliki rangkaian acara. Maka, ada baiknya kamu sudah memiliki jadwal acaranya sebelum festival dimulai. Nggak lucu kan kalau kamu melewatkan salah satu acara lantaran nggak tahu jadwalnya, padahal kamu sudah di lokasi.

  1. Punya Referensi

Jangan terlihat bodoh di depan gebetan saat nonton festival budaya karena kamu nggak tahu apa yang sedang kamu tonton. Maka, carilah referensi terkait pergelaran tersebut, mulai dari prosesi hingga kisah di baliknya. Asal nggak berlebihan, siapa sih yang nggak kesengsem melihat orang yang tampak pintar?

  1. Jangan Menyalahi Aturan

Tiap ritual atau tradisi selalu memiliki aturan. Maka, jangan pernah melanggar aturan itu selama festival berlangsung. Jika diizinkan memotret, silakan memotret. Namun, kalau nggak diizinkan, janganlah memaksakan diri.

  1. Lihat Sekeliling

Seperti kamu dan gebetanmu, ribuan orang di sekelilingmu juga pengin menyaksikan festival budaya tersebut. Maka, lihatlah sekeliling, apakah kamu telah berdiri atau di duduk di tempat yang benar? Jangan sampai posisimu itu mengganggu pandangan orang lain yang juga mau nonton, Millens!

Yap, begitulah! Kekaguman pada sajian budaya yang begitu banyak di Indonesia memang nggak bakal ada habisnya. Ehm, mungkin itu seperti kekagumanmu pada gebetan yang juga nggak ada matinya! He-he. (IB20/E03)