Nggak Sekadar Bikin Hati Riang, Engklek Punya Banyak Manfaat

Selain menjadi media untuk bersenang-senang, engklek memiliki beberapa manfaat untuk anak-anak. Dari mengasah keterampilan berkomunikasi hingga melatih ketangkasan, manfaat-manfaat ini bisa didapatkan dari engklek.

Nggak Sekadar Bikin Hati Riang, Engklek Punya Banyak Manfaat
Selain bikin tubuh aktif bergerak, engklek punya mengajarkan anak bersosialisasi. (Envato)

Inibaru.id – Bermain menjadi kegiatan yang mengasyikkan bagi anak-anak. Nggak hanya jadi momen bersenang-senang, anak menyerap beberapa manfaat sekaligus dari kegiatan ini. Salah satu permainan dengan beberapa manfaat adalah engklek.

Ya, tanpa membutuhkan alat-alat yang mahal seperti sebagian mainan modern, anak bisa menyerap beberapa manfaat dari permainan tradisional ini.

Dengan melompat-lompat, anak belajar bagaimana menjaga keseimbangan tubuh. Ini juga menjadi latihan sekaligus olahraga kecil untuknya.

Selain menjadi semacam latihan otot, engklek juga membuat anak belajar bersosialisasi. Dia pun bisa mengasah keterampilan berkomunikasinya untuk mendapatkan teman.

https://i.ytimg.com/vi/fZzswQaICfM/maxresdefault.jpg

Engklek melatih anak untuk tangkas bergerak. (Youtube)

Selain membutuhkan ketangkasan, engklek merupakan permainan yang mengasah kemampuan berpikir. Dengan mengembangkan strategi, anak bisa memenangkan permainan ini. Ini juga bakal memacunya untuk mengembangkan kecerdasan logika, Millens.

Itu saja? Tunggu dulu! Karena engklek bisa dimainkan secara berkelompok, anak bakal belajar bagaimana cara bekerja sama. Selain itu, dia juga belajar menaati aturan-aturan yang sudah disepakati. Ini menjadi alasan-alasan mengapa kamu sebaiknya mengajarkan engklek pada anak.

Ah, permainan tradisional memang menyenangkan ya! (IB15/E03)