Nggak Hanya Menawan, 5 Tokoh Pewayangan Jawa Ini Punya Karakter yang Mengagumkan

Nggak Hanya Menawan, 5 Tokoh Pewayangan Jawa Ini Punya Karakter yang Mengagumkan
Dewi Srikandi, salah seorang tokoh perempuan paling terkenal dalam pewayangan. (Cupumanikart.blogspot)

Kesenian wayang melahirkan beberapa tokoh yang terkenal. Dari sekian banyaknya tokoh dalam kesenian ini, tokoh-tokoh perempuan juga menarik disimak. Yuk, berkenalan dengan lima tokoh wayang perempuan.

Inibaru.id – Dalam pewayangan Jawa, Punakawan sudah menjadi sosok yang melegenda. Padahal, ada banyak tokoh menarik dari kesenian ini, lo. Yuk, berkenalan dengan tokoh-tokoh wayang perempuan.

Dewi Sri

Dewi Sri dulunya dikenal dengan nama Sulastri. Dia adalah putri Prabu Sri Mahapunggung. Lantaran menolak menikah dengan sesama bangsawan, dia dan adiknya dikutuk menjadi ular sawah dan burung sriti. Berkat ketulusannya menjaga rakyat, para dewa mengangkatnya ke kayangan. Dia menjadi simbol kesuburan dan kemakmuran bagi para petani.

Dewi Anjani

Dewi Anjani adalah ibunda Anoman. Dia sempat diusir dari kayangan lantaran berebut Cupumanik Astagina dengan saudara-saudaranya. Lantaran nggak serakah dan menyadari kesalahannya, para dewa kemudian mengangkatnya kembali ke kayangan.

Dewi Sumbadra

Arjuna memiliki lima istri. Salah satu istrinya yang menawan adalah Dewi Sumbadra. Dengan tingkah laku yang sopan dan tutur bahasa yang halus, Sumbadra menjadi gambaran prilaku priyayi Jawa.

Dewi Srikandi

Dewi Srikandi adalah istri kelima Arjuna. Dia merupakan sosok perempuan tangguh. Sejak remaja, Srikandi telah menunjukkan ketertarikannya dalam olah keprajuritan. Nggak heran dia menjadi salah satu pemanah terandal dalam cerita pewayangan.

Dewi Anggraeni

Arjuna gemar mencari perempuan untuk menjadi istrinya. Meski sudah menikah dengan Prabu Ekalawya, Dewi Anggraeni nggak luput sebagai incarannya. Ketika tahu sang suami kalah dan meninggal, dia ikut bunuh diri karena nggak mau dipersunting Arjuna. Nggak heran jika masyarakat Jawa menganggap Dewi Anggraeni sebagai simbol kesetiaan cinta.

Dari kelima sosok pewayangan ini, kamu suka yang mana, Millens? Tokoh-tokoh dalam mitologi Jawa nyatanya memang nggak kalah keren dibandingkan tokoh-tokoh dalam mitologi Yunani atau Nordik.

Hm, semoga suatu saat tokoh-tokoh ini bisa diperkenalkan pada generasi muda dalam bentuk media lainnya supaya tetap lestari ya. (IB15/E03)