Nggak Hanya dari Bambu, Gasing Terbuat dari Jenis-Jenis Kayu Ini Juga, lo!

Di Jawa Tengah, menjumpai gasing yang terbuat dari bambu adalah hal yang lazim. Namun, bukan berarti mainan ini nggak bisa dibuat dari jenis kayu lainnya, lo. Bisa dari apa saja ya?

Nggak Hanya dari Bambu, Gasing Terbuat dari Jenis-Jenis Kayu Ini Juga, lo!
Nggak hanya dari bambu, gasing bisa dibuat dari beberapa jenis kayu, lo. (Tribunnews)

Inibaru.id – Sebagai salah satu mainan tradisional, gasing dibuat dari bahan baku yang mudah ditemukan. Di Jawa Tengah dan Yogyakarta, kamu bisa melihat gimana bambu digunakan sebagai bahan dasarnya. Padahal, bambu bukanlah satu-satunya bahan, lo. Di daerah lain, gasing dibuat menggunakan jenis kayu yang berbeda.

Di Jawa Barat, terdapat dua jenis gasing yaitu gasing kalangenan dan gasing untuk aduan. Gasing kalangenan dibuat dari jenis kayu yang ringan dan empuk. Dengan jenis kayu ini, suara yang dihasilkan pun lebih nyaring. Sementara, untuk gasing aduan, mereka menggunakan kayu dari pohon jambu batu dan pete cina.

https://i1.wp.com/cultura.id/wp-content/uploads/2019/04/pembuatan-gasing.jpg?resize=740%2C416

Sebelum diukir, kayu yang menjadi bahan baku gasing dijemur lebih dulu. (Culture Magazine)

Selain dua jenis kayu tersebut, kayu pohon asam juga kerap dijadikan sebagai bahan baku pembuatan gasing. Hal tersebut lazim dijumpai di Lombok. Sementara, di Jakarta, gasing dibuat dari kayu pohon kembang sepatu, mahoni, dan jengkol.

Wah, ternyata nggak cuma dari bambu bahannya. Millens! Eh, tapi itu nggak penting sih, karena yang penting dengan gangsingan kamu bisa berinteraksi dengan teman sepermainan. Akur? (IB06/E03)