Motif Batik Terkenal di Indonesia yang Harus Kamu Tahu

Motif Batik Terkenal di Indonesia yang Harus Kamu Tahu
Membatik. (Wargajogja)

Batik kian dikenal masyarakat Indonesia. Pelbagai motif baru bermunculan. Namun, batik legendaris nggak pernah hilang. Apa saja?

Inibaru.id - Nggak hanya di Jawa Tengah, batik di berbagai daerah di Indonesia ini juga wajib kamu kenal. Hm, nggak mau kan kamu memakai batik tapi bingung ketika ditanya, yang kamu kenakan motif batik apa? Nah, biar nggak salah pilih, yuk kenali motif-motif terkenal ini!

Batik Sekar Jagad

Batik yang berasal dari Yogyakarta ini memiliki pola seperti sekumpulan pulau yang dalam Bahasa Jawa disebut sebagai sekar jagad atau yang berarti peta dunia.

Mega Mendung

Batik Mega Mendung. (Seragambatikpernikahan)

Motif Mega Mendung berasal dari Cirebon. Ciri khas dari motif batik ini adalah polanya yang mirip dengan bentuk awan dengan warna seperti biru, merah, dan hijau.

Batik Tasik

Selain batik Mega Mendung, motif batik khas Tanah Sunda lainnya adalah Batik Tasik. Biasanya, motif Batik Tasik memiliki bentuk yang berkaitan dengan alam seperti rerumputan dan berbagai fauna.

Batik Kawung

Salah satu motif batik paling tua di Indonesia ini memiliki pola seperti buah aren. Motif batik tersebut dahulu hanya boleh dipakai oleh keluarga kerajaan.

Batik Sidomukti

Batik Sidomukti. (Batikdan.blogspot)

Batik sidomukti khas Magetan ini memiliki motif dasar gambar bambu. Biasanya, motif batik ini dipakai untuk acara-acara yang bersifat resmi.

Batik Malang

Batik khas Malang memiliki kombinasi tiga warna yang cerah. Motif yang dipakai pada batik khas Malang juga sangat unik karena menggambarkan simbol-simbol dari salah satu kota paling indah di Jawa Timur ini.

Dengan mengenal berbagai motif batik dan asal-usulnya, kamu tentu bakal kian menghargai budaya Indonesia yang memang sangat indah dan kaya. Jadi, motif batik apa yang menjadi favoritmu, Millens? (IB20/E03)